Jelang F1H20, Lokasi Parkir Pengunjung Dioptimalkan

Keterangan Foto: Lokasi Parkir dan Peningkatan Infrastruktur Jalan Menjelang F1H2O (JT)

Menaratoday.Com - Toba : 

Hari H Perhelatan Event Internasional F1 Power Boat (F1H2O) semakin mendekat, seluruh stakeholder pendamping khususnya di Kabupaten Toba terus berpacu mengoptimalkan persiapan sarana dan prasarana untuk mensukseskan event tersebut, salahsatunya Dinas PUTR Toba yang membidangi penataan infrastruktur jalan dan pengadaan tempat parkir pengunjung.

Plt Kepala Dinas PUTR Toba, melalui Kepala Bidang Jasa Marga, Saur Sitorus, Selasa (31/1/2023) mengungkapkan bahwa hingga saat ini persiapan penataan infrastruktur jalan dan tempat parkir terus dioptimalkan.

"Parkir utama, berada di kawasan terpadu Tambunan seluas 4 Ha dengan daya tampung 3.500 kendaraan. Saat ini tengah dikerjakan, progres capaian pekerjaan sudah mencapai 80 persen", beber Saur.

Saur juga mengungkapkan bahwa jumlah pengunjung yang akan menyaksikan Event F1H2O di perkirakan sebanyak 25 ribu orang. Oleh karenanya, Dinas PUTR Toba tengah mengkaji kantung-kantung parkir yang letaknya strategis dan tidak begitu jauh dari Venue F1H2O. 

"Kemungkinan kantung parkir akan dibuat di kawasan Jalan Balige By Pass. Namun dimana lokasi pastinya akan segera kita beritahukan dan kerjakan, saat ini masih dalam proses pengkajian", imbuh Saur Sitorus.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Peralatan Dinas PUTR Toba, Maju Simangunsong. Menurut Maju, pihaknya saat ini masih memfokuskan pekerjaan di kawasan terpadu Tambunan sebagai lokasi parkir utama. Kawasan ini menjadi tempat parkir utama bagi pengunjung. 

"Setelah pengunjung sampai di tempat parkir utama ini, selanjutnya akan diangkut menuju Venue F1H2O dengan pengangkutan khusus, untuk meminimalisir macet di pusat kota Balige maupun di lokasi Venue. Rute lalulintas dan angkutan umum maupun becak, semuanya sudah dirancang. Kami mengajak kerjasama seluruh elemen masyarakat dalam mensukseskan F1H2O demi kemajuan Toba dan kawasan Danau Toba kedepannya' pungkas Maju Simangunsong.

Selain kesiapan tempat parkir, Dinas PUTR Toba juga tengah melakukan peningkatan infrastruktur jalan di area Venue F1H2O yakni Jalan Bukit Barisan, Mulia Raja dan Jalan Di.Panjaitan.

Sebagai informasi, Event F1H2O akan digelar pada 24-26 Pebruari 2023 di Venue kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu Balige, Kabupaten Toba Provinsi Sumut.(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama