Pemkab Toba Bersama Unsur Forkopimda Gelar Rakor Persiapan Event F1H20

MenaraToday.Com - Toba ;

Menindaklanjuti kunjungan Menko Marvest RI di Balige Kabupaten Toba baru-baru ini dalam memonitoring capaian progres persiapan perhelatan event Power Boat (F1H2O), Pemkab Toba bersama Forkopimda menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor), bertempat di Balai Data Lantai IV Kantor Bupati Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu (7/1/2023).

Rakor dihadiri oleh Bupati dan Wabup Toba Sekda dan sejumlah Pimpinan OPD terkait, Camat dan Lurah. 

Unsur Forkopimda dihadiri oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb bersama sejumlah PJU Polres Toba, Dandim 0210/TU yang diwakili oleh Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf. Kaminton Napitupulu, Kajari Toba yang diwakili oleh Kasi Datun Herianto Lumbanbatu SH. 

Kapolres Toba dalam sambutannya menjelaskan, agar seluruh hal-hal perencanaan yang harus dipersiapkan harus dilakukan secara kolaborasi, sehingga semua pihak memahami tanggung jawab sesuai tugas pokok fungsi masing masing. Misalnya, kesiapan dalam pengamanan serta mengidentifikasi masalah yang kiranya akan menimbulkan gangguan kamtibmas. 

Kapolres menjelaskan bahwa Rakor ini bertujuan untuk mensukseskan event internasional F1H2O serta mensukseskan kerjasama seluruh pihak sebab semua stake holder harus bekerjasama dengan baik, melalui komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi. Kita pasti mampu jika kita mau bekerjasama dengan baik,” ujarnya.

Diperkirakan event ini akan dihadiri sekira 25 hingga 50 ribu orang. Oleh karenanya kesiapan parkir kendaraan, Home Stay, Rumah Makan, Restoran, Toilet dan yang lainnya harus di persiapkan matang elama kegiatan event tersebut berlangsung, imbuhnya. 

Sebelum event berlangsung, Polda Sumut akan menurunkan 500 personil Brimob dalam mendukung pengamanan. 

"Sebagai tuan rumah kita harus memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada masyarakat. Pada tanggal 16 Januari 2023 nanti, Bapak Kapolda, Pangdam dan Gubernur akan datang ke Balige dan berkantor di Balige, untuk memantau dan memastikan kesiapan event F1H2O. Kita berharap, Rakor ini menghasilkan satu persepsi, untuk mewujudkan event F1H2O berjalan sukses" ujar Kapolres. 

Bupati Toba dalam sambutannya mengatakan, Event F1H2O memberikan dampak yang luas bagi perkembangan pariwisata di kawasan Danau Toba bahkan Indonesia.

"Event ini harus dipersiapkan secara matang. Ini momentum pemulihan ekonomi. Dampaknya ke depan akan luar biasa bagi Kabupaten Toba,” tambah Poltak Sitorus. 

Bupati juga menambahkan bahwa untuk setiap OPD Kabupaten Toba harus membuat Cek List dan Progresnya seperti Penertiban Parkir, Pelatihan UMKM, Identifikasi Rumah Penduduk, Pelaksanaan Event Lain sebelum hari pelaksanaan event F1H20. Selain itu juga penyediaan Media Center, Basarnas, Area Helipad, Pembersihan Seluruh Pesisir Pantai, Dapur Umum, Posko Kesehatan, Tempat atau Area Lokasi Pengunjung, Mitigasi Bencana, Listrik dan jaringan Telekomunikasi, SPBU, Home Stay, Rental Mobil dan sosialisasi harga.

Bupati berharap agar semua pihak bersama-sama berkolaborasi dalam mensukseskan event F1H2O ini. (JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama