Kapolsek Kepanjen kidul, Ajak Jurnalis Perangi Hoax

MenaraToday.Com - Blitar : 

Menyambut Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2023, Kapolsek Kepanjen Kidul Kota Blitar Kompol Yusuf menyampaikan harapannya untuk insan pers di Indonesia. Ia berharap pers dapat terus menjaga posisinya sebagai pilar demokrasi Indonesia dengan menyebarkan informasi faktual, edukatif dan menginspirasi.

Kompol Yusuf menilai, peran pers dalam menyebarkan informasi sangat dibutuhkan, khususnya di tengah perkembangan zaman saat ini. Sebab, perkembangan zaman yang dinamis ini menuntut masyarakat untuk cepat beradaptasi dengan segala perubahan.

"Pers punya peran yang sangat strategis dalam mewujudkan pembangunan sesuai dengan arah yang kita cita-citakan bersama. Melalui produksi berita, Pers mengingatkan pemerintah, politisi, dan semua masyarakat akan realitas yang terjadi hari ini sekaligus mewanti-wanti berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang," ujar Kapolsek Kepanjen kidul (1/2/2023).

Lebih lanjut, Kompol Yusuf menyampaikan, insan pers harus dapat memanfaatkan peran strategis tersebut dengan baik. Terlebih, saat ini bangsa Indonesia membutuhkan narasi yang dapat menjaga harapan, serta informasi akurat.

Menurutnya, informasi yang diberikan pers dapat membantu pemerintah hingga masyarakat membaca keadaan sebenarnya dan menentukan langkah ke depannya.

"Kita berada pada situasi pemulihan setelah pandemi, banyak hal berubah secara cepat dan banyak kebijakan yang diambil untuk merespon perubahan tersebut. Pers sangat membantu dalam penyebaran informasi berbagai kondisi itu dengan tetap menjaga nalar kritis masyarakat kita, menjembatani aspirasi masyarakat agar dapat menjadi input bagi pengambil kebijakan untuk menentukan keputusan yang perlu diambil," ungkapnya.

Kompol Yusuf mengatakan, di tengah era digitalisasi dan perkembangan teknologi, kini masyarakat semakin mudah untuk mencari dan menyebarkan informasi. Bahkan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat masyarakat mudah memproduksi informasi dan menyebarkannya ke publik.

"Banyak hal positif dari kemudahan tersebut, tetapi juga banyak negatifnya misalnya informasi hoax yang kemudian viral sehingga dianggap sebagai kebenaran. Nah, informasi yang disampaikan pers melalui kaidah-kaidah jurnalistik dapat meluruskan kekeliruan tersebut untuk menjaga kebersamaan kita, menjaga akal sehat kita, dan menjaga dunia informasi digital kita," katanya. ( Lucky)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama