Pemcam Juntinyuat Hadiri Pelantikan PKD se Kecamatan Juntinyuat


MenaraToday.Com - Indramayu :

Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Juntinyuat menghadiri kegiatan pelantikan sekaligus pengambilan sumpah dan janji serta bimbingan teknis PKD se-Kecamatan Juntinyuat bertempat di Balai Desa Juntikedokan, Minggu (5/2/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Indramayu tersebut turut dihadiri Forkopimcam Juntinyuat, Anggota Komisioner Panwaslu Kabupaten Indramayu, Perangkat Desa Juntikedokan, serta calon PKD yang akan dilantik.

Dalam sambutannya, Camat Juntinyuat Asep Kudianti memberikan ucapan selamat kepada anggota PKD yang telah dilantik. Selain itu dirinya juga mengatakan, pihaknya siap untuk turut berpartisipasi serta mengawal pelaksanaan pemilu 2024 guna terwujudnya pemilu yang bermartabat sesuai dengan asas pemilu yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Kami siap berpartisipasi dan mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar lancar di setiap tahapan-tahapannya dan menjadi pemilu yang Bermartabat, dan selamat kepada PKD yang baru diangkat, semoga dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Panswalu Kabupaten Indramayu Chaidar menjelaskan, PKD sendiri merupakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan/Desa di mana PKD sendiri merupakan bagian dari badan Ad hoc Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang bertugas untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu di tingkat Kelurahan/Desa.

PKD Pemilu 2024 sendiri tugas dan wewenang serta kewajibannya telah diatur dalam UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Selain itu, merujuk pada peraturan tersebut, jumlah anggota PKD di masing-masing desa berjumlah satu orang, sehingga jumlah PKD se-Kecamatan Juntinyuat berjumlah 12 orang dari 12 desa.

“PKD ini merupakan panwaslu di tingkat desa/kelurahan di mana untuk anggotanya satu orang dari tiap desa. Karena Juntinyuat ini ada 12 desa, maka jumlah seluruhnya ada 12 orang,” jelasnya.

Chaidar berharap, para anggota PKD yang telah dilantik ini dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai perundang-undangan sehingga marwah pemilu dapat selalu terjaga dan terhindar dari hal-hal yang dapat mencederainya.

“Semoga semua anggota PKD yang hari ini dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik dan ikuti bimtek oleh panwaslu kecamatan dengan sungguh-sungguh,” pungkasnya. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama