Pemcam Sukra Gelar Kegiatan Bersuling di Desa Karanglayung

MenaraToday.Com - Indramayu :

Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Sukra menggelar kegiatan Berjamaah Subuh Keliling (Bersuling) di Masjid Jami’ Sirothol Mustaqiem Desa Karanglayung Kecamatan Sukra, 

Bersuling merupakan salah satu program unggulan yang digagas Bupati Indramayu Nina Agustina. Program ini dilakukan untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat di pedesaan serta mendengarkan suara, keluhan, dan masukan dari masyarakat.

Dalam sambutannya Camat Sukra Dadang Rusyanto memberikan pemaparan seputar 10 program unggulan Bupati Indramayu serta mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan salah satunya melalui kegiatan Jumat Bersih yang dilaksanakan secara rutin di lingkungan masing-masing.

Selain itu dirinya juga berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan melaksanakan kiat-kiat yang ada dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) seperti melakukan aktivitas fisik dan makan buah serta sayuran.

Untuk mencukupi kebutuhan buah dan sayur keluarga, Bupati Nina juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam berbagai tanaman pangan guna menjaga ketahanan pangan serta untuk mencukupi kebutuhan konsumsi keluarga melalui program PUSPA (Pusat Pangan).

“Ada beberapa hal yang kami sampaikan diantaranya terkait dengan 10 program unggulan yang harus diketahui dan dipahami oleh masyarakat, serta hal lainnya seperti menjaga kesehatan dan kebersihan juga memberikan penguatan kepada masyarakat terkait program PUSPA,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dadang menjelaskan, dalam kegiatan bersuling tersebut diberikan juga edukasi kepada masyarakat terkait dengan stunting yang harus terus diintervensi agar semakin hari jumlah balita yang terkena stunting semakin berkurang.

Pemerintah Kabupaten Indramayu terus berinovasi guna menekan angka prevalensi stunting salah satunya dengan menggalakan gerakan orang tua asuh anak stunting. Dimana dalam program tersebut pemangku kepentingan salah satunya perangkat daerah hingga ke tingkat desa bergotong royong memberikan makanan tambahan bergizi kepada balita yang terindikasi stunting di masing-masing daerah agar kembali sehat dan gizi nya semakin tercukupi.

“Mari kita sukseskan gerakan orang tua asuh anak stunting agar anak-anak kita dapat terbebas dari stunting dan menjadi generasi yang sehat dan cerdas guna menjadi penerus bangsa ini di masa yang akan datang,” jelasnya.

Dadang berharap, masyarakat dapat lebih memahami berbagai program pemerintah sehingga dapat turut andil dalam pelaksanaan program tersebut guna terwujudnya Indramayu yang Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat (BERMARTABAT).

“Semoga kita semua dapat mewujudkan Indramayu yang BERMARTABAT,” harapnya.

Kegiatan bersuling yang di gelar di Desa Karanglayung tersebut turut dihadiri Staf Kecamatan Sukra, Danramil 1614/Anjatan Kapten Czi Samsudin, Kepala UPTD Kecamatan Sukra, penyuluh agama islam, kuwu dan pamong desa, ketua MUI kecamatan, pengurus DKM dan jemaah masjid, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Jono)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama