Pemdes Kongsijaya Widasari Lakukan Program PUSPA

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Pemerintah Desa Kongsijaya melaksanakan Program Pusat Pangan (Puspa) melalui penanaman 1000 Pohon Sukun Dalam Rangka Menjaga Ketahanan Pangan Desa Kongsijaya Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, 

Program Puspa yang dicanangkan oleh Bupati Indramayu Nina Agustina ini merupakan suatu upaya memperkuat ketahanan pangan dan menekan inflasi daerah di Kabupaten Indramayu. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Widasari Sidik Tri Hartono bersama Kuwu Desa Kongsijaya Sutarjo, serta pamong desa dan Karang Taruna Desa Kongsijaya. 

Camat Widasari,  Sidik Tri Hartono menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Kongsijaya. Menurutnya, selain untuk penghijauan, tanaman sukun ini dipilih untuk ditanam karena perawatannya yang mudah, perkembangan tumbuhnya yang cepat, dapat berbuah dalam waktu yang singkat, serta dapat berbuah sepanjang tahun. 

Pada kegiatan penanaman pohon kali ini, kolaborasi antara petani dan pekebun dari kelompok tani dan Mitra Cai "Sri Rahayu” dilaksanakan di tanah “bengkok” milik desa tepi tanggul dan pekarangan kosong milik warga yang bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kongsijaya. 

“Program Puspa di Kecamatan Widasari ini sudah beberapa kali terlaksana. Kali ini Pemerintah Desa Kongsijaya menyelenggarakan Puspa dengan penanaman 1000 pohon sukun. Sementara lahan Puspa di Kecamatan Widasari sendiri memproduksi cabai, tomat dan terong,” ujarnya. 

Dirinya memaparkan, Puspa Widasari akan bermanfaat untuk masyarakat dengan menanam pohon di halaman rumah ataupun di tanam dalam tempat sesuai dengan arahan Bupati.

“Dengan ditanamnya 1000 pohon sukun ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dan dapat menjadi salah satu bahan baku UMKM di Desa Kongsijaya, untuk turut serta mewujudkan Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat),” ujarnya. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama