Saluran Kedokanagung–Kaplongan Segera di Normalisasi

MenaraToday.Com - Indramayu :

Saluran irigasi Kedokanagung–Kaplongan dari pintu air Kali Kapur Kecamatan Kedokan Bunder akan segera di normalisasi. Langkah ini merupakan upaya untuk memperlancar irigasi dan menjadi harapan bagi para petani.

Kepastian rencana normalisasi didapat tersebut setelah pihak Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS Cimancis) melakukan survei bersama Camat Kedokan Bunder, di Pintu Air Kali Kapur.

Camat Kedokan Bunder, Atang Suwandi menjelaskan, saluran Kedokanagung - Kaplongan yang akan dinormalisasi ini telah mengalami pendangkalan dan sedimentasi lumpur cukup tinggi sehingga volume air menjadi berkurang.

Berkurangnya volume air tersebut mengakibatkan suplai air ke lahan pertanian di Desa Kaplongan menjadi berkurang.

Normalisasi saluran tersebut, lanjut Atang akan berdampak signifikan bagi lahan pertanian di Desa Kaplongan. Diharapkan, lahan pertanian akan terairi secara maksimal dan bisa menyejahterakan petani.

"Normalisasi ini kita harapkan bisa menjadi andalan dalam suplai air ke lahan pertanian di Desa Kaplongan yang bisa berdampak pada meningkatnya hasil panen untuk mendukung ketahanan pangan," tegas Atang.

Sementara itu Petugas survei BBWS Cimancis, Cecep mengatakan, saluran yang akan dinormalisasi sepanjang 3 kilometer. Direncanakan pada akhir Februari 2023 ini pekerjaan bisa dilaksanakan dan selesai tepat waktu.

"Kita survei hari ini untuk melihat langsung keadaan fisik di lokasi, kemudian jenis alat apa yang akan kita turunkan, dan potensi hambatannya," kata Cecep. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama