Dukung Sektor Pertanian, Pemkab Toba Belanja Alsintan

MenaraToday.Com - Toba :

Untuk mendukung peningkatan sektor pertanian ditengah pencanangan "tanam dua kali panen dua kali" komoditi padi, Pemerintah Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara, menambah Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Penambahan Alsintan, untuk mendorong upaya pengolahan lahan yang praktis dan cepat dalam upaya peningkatan indeks pertanaman padi sebagai salah satu  komoditi unggulan pertanian Toba. Selain untuk mengolah lahan sawah, alsintan juga dapat mengolah lahan kering (kebun).

Terkait teknis pemakaian alsintan tersebut, masyarakat petani dapat mengajukan permohonan melalui kelompok tani maupun pemerintahan desa masing-masing kepada instansi terkait yakni Dinas Pertanian Kabupaten Toba.

Hal ini disampaikan Sekdakab Toba Augus Sitorus, saat dikonfirmasi diruang kerjanya Rabu (15/3/23). Augus membenarkan, bahwa anggaran pembiayaan  penambahan alsintan, bersumber dari P-APBD Pemkab Toba tahun anggaran 2022. Selain itu ada juga pembelanjaan alsintan bantuan dari salah satu BUMN di Toba.   

Sekda juga menambahkan, bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Toba, terkait dukungan alsintan bagi masyarakat petani. Kita berharap dengan penambahan alsintan, petani dapat terbantu dalam hal pengolahan lahan sebagai upaya peningkatan indeks pertanian untuk meningkatkan perekonomian masyarakat petani.

Informasi yang dihimpun, saat ini Pemkab Toba telah memiliki sejumlah alsintan diantaranya 4 unit traktor roda empat, 1 unit zonder, 2 unit trencher dan 2 unit combine harvester (mesin pemanen padi).(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama