Kerja Aman Pulang Selamat, GM RU VI Tegaskan Pekerja Kontraktor Harus Utamakan Safety

MenaraToday.Com - Indramayu :

Guna mencegah terjadinya insiden kecelakaan kerja, General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan Diandoro Arifian kembali menegaskan agar seluruh pekerja Kontraktor di lingkungan Kilang Pertamina Balongan untuk mengutamakan aspek safety saat bekerja.

Hal tersebut disampaikan GM di hadapan ratusan pekerja kontraktor dan pekerja RU VI pada kegiatan Grand Safety Talk yang diselenggarakan Fungsi Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) di Halaman DCU Centre, Rabu (15/3/2023).

“Sebagian besar insiden yang baru-baru ini terjadi di unit bisnis Pertamina dialami oleh pekerja kontraktor yang sedang melakukan pekerjaan-pekerjaan kritikal. Sebab itu, saya tegaskan untuk semua pekerja Kontraktor patuhi HSSE Golden Rules Pertamina”, Tegas GM.

GM menjelaskan, HSSE Golden Rules Pertamina yakni Patuh, Intervensi dan Peduli harus benar-benar dijalankan. Patuh, artinya semua aturan-aturan terkait aspek keselamatan kerja harus dipatuhi. Intervensi, lanjut GM, pekerja RU VI dan pekerja kontraktor boleh saling menegur dan menghentikan pekerjaan seseorang  apabila orang tersebut bekerja tanpa APD yang lengkap maupun peralatan dan area kerja yang tidak aman. Terakhir adalah Peduli, sambung GM,  yakni kita harus saling mengingatkan sesama rekan kerja agar tidak tidak lupa terhadap aspek safety.

GM berharap, dengan penerapan aspek safety di seluruh pekerjaan dapat melindungi setiap pekerja sehingga aman selama bekerja, dan pulang dengan selamat.

“Ingat keluarga kita menunggu di rumah, jangan abaikan safety”, tegas GM

Pada kesempatan tersebut, GM juga mengapresiasi seluruh pekerja di lingkungan RU VI Balongan yang saling berkolaborasi menerapkan aspek keselamatan dan kesehatan kerja sehingga  kecelakaan hingga fatality bisa dicegah, bahkan saat Major Turn Around yang melibatkan 15 ribu pekerja tahun lalu, HSSE nya dapat dikelola dengan baik dan zero accident.

Sementara itu, Ketua Umum Serikat Pekerja Bersatu Balongan (SP-PBB) Wawan Darmawan pada kegiatan yang sama juga turut mengingatkan agar pekerja Kontraktor tidak menganggap kampanye-kampanye keselamatan kerja dijadikan beban, namun harus dijadikan motivasi bahwa Pertamina memiliki kepedulian yang tinggi terhadap keselamatan seluruh pekerja di lingkungan RU VI.

“Kita bekerja di area yang penuh dengan risiko, risiko terhadap bahan yang mudah terbakar, mudah meledak, mudah mencemari lingkungan. Ini semua harus kita kelola mitigasinya bersama-sama agar bapak dan ibu bisa terhindar dari kecelakaan kerja”, Ujar Wawan Darmawan. (MT Jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama