Program Dapur DASHAT, Solusi Cegah Stunting

MenaraToday.Com - Toba :

Pemerintah Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara melalui Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana, secara intens dan berkelanjutan melaksanakan program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di seluruh Kampung KB di Toba.

Dalam kegiatan ini, masyarakat dilatih memasak jenis makanan bergizi dan berimbang untuk pemenuhan gizi bagi ibu hamil, menyusui, bayi dan balita yang rentan beresiko terkena stunting.

Untuk tahun anggaran 2023, program Dapur DASHAT telah dilaksanakan sejak bulan Pebruari lalu di seluruh  Kampung KB yang ada di seluruh kecamatan di Toba, yakni sebanyak 17 Kampung KB.

Kegiatan Dapur DASHAT dilaksanakan secara rutin satu kali setiap bulan di Kampung KB. Untuk menjangkau pelaksanaan kegiatan ini, pihak Dinas Pengendalian Penduduk Dan KB Toba melaksanakan program Dapur DASHAT sebanyak empat kali setiap minggu    menyasar masing-masing Kampung KB.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kabupaten Toba melalui Candra Siahaan selaku Kepala Bidang Ketahanan Kesejahteraan Keluarga (K3), Jumat (17/3/23). Dalam kegiatan ini, turut dihadiri oleh Kepala UPT Puskesmas Parsoburan Oswal Panjaitan, Staf yang membidangi gizi, sejumlah Bidan Desa  serta para ibu hamil dan menyusui, serta balita dan anak-anak.

Candra mengungkapkan, sejauh ini kegiatan berlangsung lancar. Dalam kegiatan Dapur DASHAT, selain pihak Dinas Pengendalian Penduduk Dan KB, juga melibatkan bidang gizi puskesmas dan Bidan Desa setempat. Dia berharap program ini menjadi solusi pencegahan stunting yang membutuhkan dukungan berbagai pihak, pungkas Candra.(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama