Sekjen MUI Pusat Berikan Tausiyah Tentang Hikmah Pada Kegiatan Indramayu Ramadan Fest 2023

MenaraToday.Com - Indramayu :

Gelaran Indramayu Ramadan Fest 2023 yang diselenggarakan oleh Forum Indramayu Studi turut menghadirkan seminar dengan pemateri berasal dari berbagai tokoh hebat, salah satunya adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, H. Amirsyah Tambunan.

Bertempat di Ruang Ki Sidum Setda Indramayu, Kamis (6/4/2023), seminar diikuti oleh berbagai kalangan seperti mahasiswa dan kelompok kepemudaan.

Dalam tausiyahnya, Sekejen MUI menerangkan materi kepada peserta terkait dengan hikmah, yang mana definisi dari hikmah itu sendiri merupakan keseimbangan antara dzikir dan pikir.

“Bersumber dari QS. Al-baqarah ayat 269 dan Ali-Imran ayat 190-191, Hikmah merupakan keseimbangan antara dzikir dan pikir,” terangnya.

Lebih lanjut, Amirsyah menjelaskan, dalam penerapannya hikmah sendiri perlu dibangun oleh kecerdasan sehingga keseimbangan tersebut dapat tercipta.

Adapun kecerdasan yang perlu dibangun diantaranya adalah kecerdasan intelektual yakni memahami dan memecahkan sebuah masalah, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional.

Selain itu, kecerdasan lainnya yang tak kalah penting yang harus dibangun terutama oleh pemuda-pemudi adalah kecerdasan sosial dan enterpreuner.

“Kecerdasan perlu dibangun guna menerapkan hikmah. Contohnya kecerdasan sosial yang dibangun melalui puasa. Puasa merupakan salah satu yang sangat fundamental dalam hal menata sosial, karena di dalam puasa kita diajarkan salah satunya untuk berdisiplin,” jelasnya.

Seminar yang dikemas secara santai namun serius, tampak menarik antusiasme dalam menyimak penjelasan yang disampaikan oleh Sekjen MUI. (MT Jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama