Wakapolda Sumut Imbau Pengelola Pelabuhan dan Pengusaha Kapal Utamakan Keselamatan Penumpang

MenaraToday.Com - Toba : 

Imbauan ini disampaikan oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Wakapolda Sumut) Brigjen Pol. Jawari saat kunjungan kerja ke Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba pada hari ketiga libur Lebaran Idul Fitri 1444 H, Senin (24/4/2023)

Dalam kunjungannya, Jawari didampingi Kapolres Simalungun AKBP Ronald Sipayung, Kasat Binmas Polres Toba IPTU Nelson dan Kapos Sektor Ajibata IPDA Sudung Siringoringo. Rombongan Wakapolda Sumut disambut oleh General Manager PT.ASDP Indonesia Ferry Persero Danau Toba, Heru Wahyono dan Koordinator Wilayah Kerja Ajibata Carter Panggabean.

Dalam kesempatan tersebut, Jawari mengingatkan agar petugas pelabuhan dan  pengusaha kapal untuk senantiasa mengutamakan keselamatan penumpang.

Kunjungan kerja Wakapolda Sumut, guna memastikan arus balik libur lebaran 2023 berjalan lancar, khususnya pelayanan di pelabuhan penyeberangan Ajibata.

Dalam arahannya, Jawari meminta agar seluruh operator dan pengusaha kapal di kawasan Danau Toba mengutamakan pelayanan keselamatan masyarakat dan wisatawan. Jangan memaksakan berlayar jika tak memungkinkan.  Kapal yang tidak memiliki dokumen resmi, jangan diizinkan untuk berlayar. Lakukan juga pengawasan terhadap kapal-kapal tradisional agar tidak melebihi muatan, sebut Jawari menegaskan.

Terpisah, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danau Toba menjelaskan, bahwa untuk lintasan penyeberangan  Ambarita-Ajibata PT ASDP mengoperasikan dua unit kapal, masing-masing  berkapasitas 32 dan 23 unit kendaraan,"ujarnya.

Koordinator Wilayah Kerja Ajibata Carter Panggabean, menambahkan, bahwa Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Danau Toba telah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kapal tradisional yang berlayar.

Selain itu, KSOPP juga terus melakukan monitoring angkutan lebaran disejumlah pelabuhan, baik di pelabuhan tradisional maupun di pelabuhan penyeberangan" terang Carter Panggabean.(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama