Bupati Indramayu Buka Pesta Adat Nadran Nelayan Karangsong

MenaraToday.Com - Indramayu

Adat Nadran Nelayan Karangsong Tahun 2023 telah berlangsung meriah. Kemeriahan ini diawali dengan upacara adat nadran hingga pawai arak-arakan Kereta Griya Kencana, Singa Dangdut dan Pawai Becak yang ditunggangi Forkopimda Indramayu menuju pesisir Pantai Karangsong Indramayu.

Secara simbolis Bupati Indramayu Nina Agustina memecahkan kendi sebagai tanda dimulainya Adat Nadran Nelayan Karangsong dengan tema "Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat), Nelayan Kuat, Kesejahteraan Meningkat", di Halaman Kantor Koperasi Perikanan Laut (KPL) Mina Sumitra Indramayu, Rabu (3/5/2023).

Selanjutnya Bupati menaiki Kereta Griya Kencana bersama Anggota DPR RI Ono Surono, Ketua DPRD Kabupaten Indramayu Syaefudin dan Ketua KPL Mina Sumitra H. Darto untuk ikut arak-arakan menuju pesisir pantai dan melaksanakan ritual penting di tengah laut yang telah diwariskan leluhur dahulu.

Dalam acara tersebut, Bupati menyampaikan, Nadran merupakan bentuk dan cara bersyukur para nelayan atas segala anugerah dan nikmat Allah Subhanahu wa ta'ala  baik berupa kesehatan, keselamatan maupun kelancaran usaha penangkapan ikan di laut.

"Dengan harapan momentum Adat Nelayan Karangsong ke depan usaha penangkapan ikan meningkat, lancar, sukses dan berkah," ungkap Bupati.

Ditambahkan Bupati, Pemerintah Kabupaten Indramayu sangat mendukung usaha penangkapan ikan nelayan yang penuh dengan kesabaran, keuletan dan ketangguhan dan inovasi-inovasinya sehingga setiap tahun telah berkontribusi positif terkait penyedia bahan pangan.

"Khususnya bahan pangan ikan yang sehat dan mencerdaskan bagi masyarakat. Selain itu usaha penangkapan ikan nelayan telah berkontribusi terhadap lebih 50% produksi perikanan tangkap Jawa Barat," tambahnya.

Sementara itu Ketua KPM Mina Sumitra H. Darto berharap, Adat Nadran Nelayan Karangsong Tahun 2023 ini menjadi pemacu agar terus bersinergi untuk bergotong royong menciptakan keamanan dan ketertiban termasuk terus melestarikan laut sebagai keberlangsungan mata pencaharian nelayan.

"Kami meminta kepada juragan dan nelayan untuk terus bekerjasama dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta bersama-sama merawat dan melestarikan potensi maritim kita dengan sebaik-baiknya," ujarnya. (Jono)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama