Kwarcab Indramayu Gelar Rapat Koordinasi Jelang Kegiatan Peran Saka

MenaraToday.Com - Indramayu :

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan rapat koordinasi menjelang digelarnya kegiatan Perkemahan Satuan Karya Pramuka (Peran Saka) di Ruang Ki Sidum Setda Indramayu, Senin (8/5/2023).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Indramayu, Jajang Sudrajat yang didampingi oleh Ketua Harian Kwarcab Indramayu, Nowardi dan Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Kwarcab Indramayu, Baman, serta turut dihadiri oleh perwakilan majelis pembimbing Saka Pramuka se-Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Indramayu, Jajang Sudrajat menyampaikan, Peran Saka merupakan salah satu program kerja yang ada pada Kwarcab Indramayu yang diikuti oleh anggota pramuka kelompok penegak dan pandega yang bertujuan untuk melakukan pembinaan sekaligus menyalurkan minat dan mengembangkan bakat dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan yang dapat menjadi bekal dalam kehidupan serta mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Kegiatan ini merupakan program kerja dari kwarcab hasil dari rakercab tahun kemarin di mana salah satu poin yang ada di dalamnya adalah kegiatan peran saka ini,” ungkapnya.

Sementara itu hal serupa juga disampaikan Ketua Harian Kwarcab Indramayu, Nowardi. Dirinya memaparkan, Peran Saka merupakan perkemahan antar satuan karya pramuka yang merupakan ajang pertemuan pramuka penegak dan pandega yang menjadi anggota satuan karya pramuka yang diselenggarakan oleh kwartir baik itu tingkat ranting hingga ke tingkat nasional.

Lebih lanjut Nowardi menjelaskan, dengan adanya peran saka ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang memiliki daya saing serta menjadi agent of producer yang dapat menciptakan perubahan yang nyata.

“Selain untuk meningkatkan kedekatan antar satuan karya, kegiatan peran saka juga memiliki manfaat sebagai wahana untuk menjadikan generasi muda sebagai agent of producer,” jelasnya.

Selain itu, Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Kwarcab Indramayu, Baman mengatakan, kegiatan rapat ini digelar untuk mematangkan berbagai persiapan yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan, sehingga nantinya kegiatan peran saka ini dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

“Dengan dikumpulkannya bapak dan ibu di sini, diharapkan dapat mempersiapkan berbagai keperluan yang diperlukan saat nanti pelaksanaan kegiatan peran saka,” jelasnya.

Kemudian, Baman juga mengajak dinas pengampu yang merupakan majelis pembimbing saka agar dapat bergotong royong dan meningkatkan komunikasi serta koordinasi untuk bisa menyukseskan kegiatan peran saka

Rencananya, kegiatan Peran Saka ini akan digelar di Bumi Perkemahan Apung (Floating Camp) Embung Jangkar Desa Sindang Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu pada tanggal 24 hingga 27 Mei 2023 yang melibatkan pramuka penegak yang berpangkalan di SMA/SMK serta MA baik negeri maupun swasta se-Kabupaten Indramayu. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama