Pemdes Lumban Pea Timur Alokasikan Dana Desa Membangun Saluran Irigasi Pertanian

MenaraToday.Com - Toba :

Pemerintahan Desa Lumban Pea Timur di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara, terus berupaya menggenjot peningkatan produktivitas pertanian. Salahsatu upaya yang dilakukan adalah melalui keberlanjutan pembangunan saluran irigasi yang berada di Dusun II Gonting. Pembiayaan pembangunan saluran irigasi tersebut, bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2023.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Lumban Pea Timur Faber Tambunan, di sela-sela acara Trial Go (peletakan baru pertama) pembangunan saluran  irigasi tersebut, bertempat di Dusun II Gonting, Senin (8/5/2023). 

Saluran irigasi ini merupakan saluran terusan sepanjang 199,5 meter. Saluran irigasi ini nantinya akan berfungsi untuk menyuplai air pada lahan-lahan persawahan sekitar irigasi. Jauh dari itu, dengan peningkatan  pembangunan saluran  tersebut, warga berharap dapat meningkatkan indeks pertanaman padi dalam mewujudkan swasembada pangan serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sarana infrastruktur irigasi yang memadai juga akan mendukung pola pertanaman serentak. Hal ini seiring dengan gerakan "tanam dua kali, panen dua kali" yang digaungkan oleh Pemkab Toba. Selain itu, nantinya saluran irigasi ini akan meminimalisir luapan air ke permukiman warga yang selama ini kerap terjadi disaat musim penghujan, terang Faber. 

Trial Go (peletakan batu pertama) pembangunan lanjutan saluran irigasi tersebut, dihadiri oleh Pemkab Toba yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Balige Nova Pardede. Turut juga dihadiri oleh Babinsa Desa Lumban Pea Timur Ramil 17 Balige Sertu Restu W, Pendamping Kecamatan dan Pendamping Lokal, serta kelembagaan desa diantaranya BPD, Prangkat Desa dan warga setempat. (JT) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama