Ratusan Balita di Wilayah Kerja Puskemas Lohbener Jadi Sasaran Imunisasi Polio Putaran Kedua

MenaraToday.Com -Indramayu :.

Ratusan balita di 2 Desa Wilayah Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu mengikuti imunisasi polio putaran kedua yang diselenggarakan Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Lohbener.

Hal ini bersamaan dengan 49 Puskemas se-Kabupaten Indramayu melaksanakan vaksin polio putaran kedua.

Dikatakan Kepala Puskesmas Lohbener dr. Andri, sebagai bagian program imunisasi dasar pemerintah telah menyediakan vaksin anak polio secara gratis. Salah satunya yang menjadi sasaran yakni Desa Rambatan Kulon dan Desa Bojongslawi.

"Vaksin polio diberikan 2 tetes. Untuk hari pertama jumlah sasarannya 2 Desa totalnya. Desa Rambatan Kulon 399 peserta dan Desa Bojongslawi 246 peserta, dengan target tercapai 100 persen," katanya, Senin (22/5/2023).

Ditambahkan Kepala Puskesmas Lohbener dr. Andri, pemerintah telah menyediakan vaksin anak polio secara gratis yang dilakukan di Pos Layanan Terpadu (Posyandu) dan Puskesmas serta fasilitas pelayanan kesehatan lain sebagai bagian dari program imunisasi dasar.

"Tetes polio dilakukan di setiap Posyandu dan diselesaikan dengan cara sweeping baik bertemu dijalan maupun datangin dirumahnya," tambahnya.

Menurutnya, polio adalah penyakit menular yang menyebabkan kelumpuhan atau kecacatan seumur hidup. Sehingga lanjut Andri, pemberian imunisasi polio tetes serentak tanpa memandang status Imunisasi Polio sebelumnya.

Vaksinasi polio terbagi dalam dua jenis, yaitu vaksin polio tetes (OPV) dan vaksin polio suntik (IPV). Vaksin polio tetes diberikan sebanyak empat kali pada usia 1, 2, 3, 4 bulan.

Kepala Puskesmas Lohbener dr. Andri berharap, orang tua yang anaknya terlambat imunisasi polio atau belum lengkap segera melakukan pemberian imunisasi yang ada di Posyandu maupun datang ke Puskemas Lohbener.

"Bawalah balita anda untuk mendapatkan tetes polio di Posyandu maupun datang ke Puskemas Lohbener. Semoga program ini memberikan manfaat yang baik supaya generasi kita tetap sehat dan ikut andil dalam pembangunan yang berkelanjutan untuk Indramayu yang Bermartabat," ujarnya. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama