Koptan Sido Maju 1 Panen Padi Perdana Di Sawah Tadah Hujan

MenaraToday.Com - Rohil : 

Kelompok Tani (Poktan) Sido Maju 1, Desa Teluk Pulau Hulu, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau menggelar panen padi perdana di sawah lahan tadah hujan seluas lebih kurang 700 Ha, Selasa (6/6/2023). 

Dalam kegiatan panen padi perdana ini tampak dihadiri, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Riau, Irvan bersama ibu-ibu PPL pendamping, Meli dan Dina Taufik yang langsung turun ke lapangan bersama perangkat desa Teluk Pulau. 

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian Provinsi Riau menyebutkan bahwa potensi pertanian di desa Teluk Pulau Hulu sangat bagus dan memiliki kualitas yang sangat baik. 

"Di wilayah Teluk Pulau Hulu memang agak lamban dalam penanamannya, namun hasil panennya sangat baik" Ujarnya. 

Beliau juga mengklaim bahwa hasil panen padi di Desa Teluk Pulau Hulu semakin bagus dari sebelumnya. 

"Kita sama berharap kiranya para petani dapat memanen padi tiga kali dalam setahun, agar swasembada pangan dan kebutuhan beras terpenuhi" Jelasnuya. 

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sido Maju, Riyono menyebutkan bahwa para petani telah beruntung dengan menggunakan mesin pemanen padi yang canggih. 

"Dengan menggunakan mesin pemanen padi seperti saat ini, petani bisa menghemat biaya hingga 50 persen dibanding panen manual. Hampir satu hektare yang kami panen dengan biaya sekitar Rp. 1.500.000 yang berarti keuntungan petani hampir 50 persen dibanding tenaga manual".Ujar Riyono.. 

Pantauan di lokasi terlihat warga memanen padi dengan menggunakan mesin Pertanian yang telah modern. Selain itu warga juga telah mempersiapkan benih padi yang akan ditanam kembali untuk mengejar waktu masa penghujan untuk memenuhi kebutuhan air. (Suwarno) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama