Bupati Kukuhkan Forum GenRe Labura

MenaraToday.Com - Labura :

Forum Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura)  tahun 2023 resmi dikukuhkan.

Pengukuhan organisasi yang beranggotakan remaja berusia antara 10 hingga 24 tahun yang berasal dari berbagai sekolah SLTA sederajat tersebut, ditandai dengan penyematan selempang oleh Bupati Hendriyanto Sitorus, SE, MM,  yang diwakili Sekretaris Daerah H. Muhammad Suib, S.Pd, MM, di Aula Ridho Yaman Kantor Bupati, Aek Kanopan, Rabu (30/8/2023). 

Kepala DPPKB Erni Malinda Napitupulu, SKM, dalam laporannya menyampaikan, Forum Genre Labura dibentuk dalam rangka penyiapan dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar memahami dan mempraktekkan perilaku hidup sehat, berakhlak serta terhindar dari penyimpangan baik pernikahan dini, kekerasan Seksual, Napza, dan HIV/AIDS.

"Dengan adanya Forum Genre ini, akan memfasilitasi para remaja agar ikut serta dalam menurunkan angka pernikahan dini, memotivasi mereka agar tidak terjerumus pada seks bebas dan napza, serta memiliki kesiapan mental yang baik", sebutnya. 

Sementara itu dalam sanbutannya Bupati Labura Hendriyanto yang di sampaikan Sekda Muhammad Suib menyampaikan ucapan selamat dan menyambut baik atas inisiatif pembentukan Forum Genre di Kabupaten Labura 

Menurutnya, pembentukan Forum ini merupakan tanggungjawab moral bersama dari berbagai pihak untuk memberikan perhatian terhadap pembinaan maupun peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi para remaja.

"Remaja harus mendapatkan perhatian lebih agar dapat melalui masa penting ini sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhannya, sehingga dimasa yang akan datang kita mendapatkan remaja yang tangguh yang tumbuh dan berkembang secara optimal", ujarnya. 

Secara khusus Bupati menekankan, hadirnya Forum Genre ini kiranya dapat membantu untuk mengisi kegiatan-kegiatan produktif remaja dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilakunya tentang keterampilan hidup untuk mengatasi berbagai masalah, mempersiapkan hidup berkeluarga dan tantangan hidup lainnya dalam rangka mewujudkan generasi berencana.

Melalui Sekda, Bupati juga berharap, dengan hadirnya Forum Genre ini akan mampu mengajak generasi muda di Kabupaten Labura untuk berfikir jauh ke depan dalam merencanakan kehidupan dan mampu mengajak komunitasnya untuk menghindari pernikahan dini yang masih dapat ditemui.

"Forum Genre ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi remaja Kabupaten Labura untuk menjadi media dan motivator untuk menjauhi perilaku-perilaku negatif, yang jauh dari norma agama dan adat," tegasnya. 

Setelah di kukuhkan, para peserta Forum Genre Labura juga di lakukan pembinaan dalam program generasi berencana dalam kebijakan dan strategi dengan narasumber Bupati Hendriyanto Sitorus selaku Ayah GenRe Sumut yang di paparkan oleh Sekda Muhammad Suib, dan Fandy Matondang dari Forum GenRe Sumut.(Greg)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama