Wali Kota Tanjungbalai Buka Pelaksanaan UKW Angkatan 61

MenaraToday.Com - Tanjungbalai : 

Pelaksanaksaan  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 61 yang bertema " MENGOKOHKAN Kualitas SDM, Upaya Terwujudnya Wartawan Yang Kompeten, Berintegritas dan Mandiri Serta Mendukung Tanjungbalai BERSIH " dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib S. Ag., MM. 

Dalam kesempatan itu juga Waris diberi hadiah buku dari Ronny Simon yang merupakan penguji serta ahli di Dewan Pers. 

Adapun kegiatan ini dilaksanakan di pendopo rumah dinas Wali Kota Tanjungbalai. Jalan Jendral Sudirman. Kelurahan Perwira. Kecamatan Tanjungbalai Selatan. Kota Tanjungbalai. Selasa pagi ( 21/11/2023) 

Dalam Uji Kompetensi Wartawan angkatan 61 ini dilaksanakan selama mulai hari Selasa - Rabu tanggal 21 - 22 November 2023, yang diikuti 18 peserta dan 3 orang penguji dari Kota Medan ditengah perjalannya ujian berlangasung ada seorang peserta sakit dan menyatakan mundur. 

Dalam sambutannya Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib S.Ag., MM, mengucapka  rasa syukur karena insan pers di Tanjungbalai telah mwngikuti UKW. 

"Selaku Wali Kota saha ingin kedepannya  lebih ditingkatkan lagi pencapainya yang lebih baik di pemerintah kota dan forkopimdanya maupun wartawannya.

"Kalau saya sudah di uji kopetensi wartawan selama dua tahun lebih, oleh wartawan, dan saya yakin, mungkin saya sudah lulus", katanya pada pidato pembukaan.

Waris juga menyampaikan, memberi apresiasi dan penilaian luar biasa, bahwa PWI bukan hal organisasi dan bukan sekedar komunitas tetapi memang memikirkan bagaimana bahwa anggotanya memang benar - benar berkualitas dan kompeten. 

"Prinsip saya jangan lawan orang yang membencimu tapi lawanlah dirimu sendiri untuk mencukupi kekurangan dan kelebihan pastilah kau menjadi pemenangnya", ungkapnya. 

Masih katanya, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik berhasil memimpin khususnya PWI Kota Tanjungbalai ada 2 kader PWI Kota Tanjungbalai menjadi ketua KPU Kota Tanjungbalai Fitra Ramadhan Batu Bara dan Nazmi Hidayat Sinaga menjadi komisioner Bawaslu Kota Tanjungbalai. 

"Ini luar biasa, Saya yakin untuk kabupaten/kota di Sumatera Utara paling istimewa Kota Tanjungbalai satu di KPU satu lagi di Bawaslu", bebernya Waris 

Tambahnya, Bersyukur untuk hari yang kedua, dalam kegiatan PWI Kota Tanjungbalai, ada istilah mengukir sejarah, ada istilah untuk meningkatkan kualitas bahwa wartawan di Tanjungbalai ini apakah tergabung di PWI, atau wartawan lain nya yang pasti bahwa  di era globalisasi dan di gitalisasi ini dia yakin dan percaya tantang semakin hari semakin memaksa kita untuk mampu menginplementasikan dari nilai-nilai lewat ITE. 

Alangkah tanda tanyanya kita ketika wartawan tidak mampu menggunakan aplikasi gadged/hampone karena inilah salah satu tantangan kita. 

"Kami di pemerintahan ini juga sudah ditantang apalagi Kota Tanjungbalai sudah ditambalkan dan juga diberi penghargaan sebagai kota menuju Smart City maka semua potensi kami berharap mendapat dukungan dan kerja sama dalam menggali meningkatkan potensi - potensi yang berbasis elektronik contoh nya Pemerintah Kota Tanjungbalai", jelasnya.

Lanjutnya, Pemerintah sudah mengupayakan semaksimal mungkin tidak lagi menggunakan uang tunai termasuk wartawan tidak ada lagi ada istilah memberikan amplop

"Tetapi kami memasukkan melalui rekening lewat kominpo ini sudah kita arahkan dan bukan hanya wartawan bahkan setingkat kepala lingkungan, guru mengaji, bilal mayit, honor/gajinya itu juga tidak lagi uang tunai tapi melalui rekening yang sudah ada di masing-masing", tandasnya. 

Diakhir pidato Waris, Kemudian lagi berupaya semua potensi berkaitan dengan parkir, sidak mobiel, absensi dan sebagainya sedang dalam proses bagaimana semua menggunakan transaksi maka saya yakin dan percaya dalam UKW yang pertama kali di Kota Tanjungbalai ada kaitan nya digitalisasi dan wartawan Tanjungbalai harus mampu mengikuti dan mampu di uji agar lebih kompeten.   

Pada kesempatan terakhir sebelum ditutupnya acara tersebut Waris diberi hadiah buku oleh Ronny Simon yang juga seorang ahli hukum di dewan pers dan salah satu penguji UKW. 

Untuk diketahui, pada hari Senin tanggal 20 November 2023 dilaksanakan nya Pra UKW dan Workshop Pencegahan Plagiarisme Pada Karya Tulis Jurnalis. (Zulham Efendi). 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama