Camat Lelea Gelar Pembinaan RT/RW

MenaraToday.Com - Indramayu :

Dalam rangka pembinaan Rukun Tetangga (RT) Rukun Warga RW, se Desa Tunggulpayung Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, bertempat di Aula desa Tunggulpayung Kamis (7/12/2023). 

Camat Lelea Achmad Fauzie Romdhon, menyampaikan bahwa RT dan RW adalah lembaga kemasyarakatan yang dibentuk oleh pemerintah, kelurahan atau suatu PemDes, sebagai bagian wilayah administrasi kelurahan untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan yang berdasarkan kegotong royongan kekeluargaan, membantu meningkatkan kelancaran tugas pemerintah Desa dan kemasyarakatan di desa/kelurahan serta meningkatkan peran serta masyarakat.

"Selanjutnya Camat menyampaikan, arahan tentang tugas dan fungsi RT/RW, Secara garis besar diantaranya membantu serta meningkatkan nilai nilai budaya dan kegotong royongan dimasyarakat, dan meningkatkan peran serta untuk membangun komunikasi antar warga dalam hal kerjasama untuk mendukung program pemerintah. 

Lanjut Camat, menyampaikan fungsi RT/RW tidak lain menciptakan wilayah yang Kondusif di suatu wilayah kerjanya, untuk itu camat berharap agar meningkatkan kinerja yang baik antara RT/RW dengan Desa atau PemDes nya.

“Kita ingin setiap RT/RW yang ada di desa Tunggulpayung, mengerti akan tugas dan fungsinya. Pengurus RT RW harus memiliki struktur organisasi tersendiri, agar kinerjanya bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Camat, di acara pembinaan RT/RW tahun anggaran 2023, yang berlangsung di aula kantor Desa Tunggulpauung 

Lanjut Camat. selain menjadi mitra dari pemerintah daerah, RT/RW juga merupakan wadah untuk memberdayakan masyarakat sehingga eksistensi lembaga ini perlu untuk terus dibina, diperkuat dan diberdayakan secara berkesinambungan. 

“Maka saya mengimbau kepada seluruh RT/RW yang ada di desa Tunggulpayung, agar bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat, Mudah mudahan masyarakat Desa Tunggulpayung, selalu sehat wal'afiat, kompak dan masyarakat yang aman, nyaman, sejahtera demi keberlanjutan pembangunan desa bersama pemerintah kabupaten, yakni bersinergi dan marilah kita do'akan agar para pemimpin Indramayu menuju Indramayu semakin bermartabat" Ujarnya mengakhiri. 

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan Lelea (Maksudin) mengatakan dalam pembinaan ini, seluruh RT/ RW yang ada di desa Tunggulpayung masalah administrasi,.

"Alhamdullilah respon dari RT RW sangat antusias dalam mengikuti pembinaan ini, sehingga mereka memiliki pengetahuan mengenai tugas dan fungsi dalam melayani masyarakat," terangnya.

Kasi Tapem juga menghimbau kepada RT/RW yang ada di desa Tunggulpayung, agar lebih meningkatkan kembali masalah administrasi.

“RT/RW harus memiliki arsip atau pengarsipan untuk mengetahui berapa jumlah penduduknya, berapa jumlah orang yang meninggal, agar saat ditanyakan RW sudah mengetahui semuanya,” ungkapnya. (Rakiyah/Lilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama