Pabrik Kerupuk CV Sedap Jaya Dinagori Karang Rejo Diduga Buang Limbah Ke Sungai

MenaraToday.Com - Simalungun : 

Sebuah pabrik yang memproduksi makanan ringan jenis kerupuk milik CV Sedap Jaya yang beroperasi di Jalan Wakaf Nagori Karang Rejo, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara menjadi sorotan

Pasalnya pabrik kerupuk tersebut diduga sengaja membuang limbah cairnya dengan cara mengalirkannya ke sungai melalui parit belakang pabrik

Pantauan wartawan saat di lokasi, Sabtu (11/05/2024), terlihat air berwarna kuning kemerahan mengalir deras langsung dari pabrik dan dialirkan hingga ke sungai kecil yang ada di pertengahan kebun kelapa sawit warga.selain air kuning kemerahan, aroma bau juga terasa di lokasi pemakaman tanah wakaf warga di sana, hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa unsur limbah yang dihasilkan dan dikeluarkan dari pabrik tersebut.untuk itu awak media telah membawa sampel air limbah untuk dilakukan uji laboratorium.

Sementara itu di hari yang sama pihak pabrik saat akan dikonfirmasi awak media tidak bersedia memberikan keterangan.

"Awak media tidak boleh masuk bang.itu kata bu desi bagian kerani bang"ucap satpam disana saat awak media akan konfirmasi.

Atas dugaan pembuangan limbah ini diduga pabrik kerupuk CV sedap jaya telah melakukan pencemaran air dan lingkungan yang dapat merusak ekosistem dan dapat membunuh organisme yang hidup di sana. (Habibi purba)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama