Polres Malang Periksa Senpi Dan Tes Urin Anggota


MenaraToday.Com - Malang :

Ratusan anggota Polres Malang mengikuti pemeriksaan tes urin dan senjata (senpi). Itu dilakukan sebagai langkah pencegahan dan antisipasi terjadinya penyalahgunaan senpi.


Tak hanya bintara, pemeriksaan senpi dan tes urin juga diarahkan ke kalangan perwira. Baik anggota Polres maupun seluruh Polsek jajaran.

Pemeriksaan senpi dan tes urin dilakukan di halaman Mapolres Malang. Kegiatan itu dipimpin langsung Wakapolres Kompol Anggun Deddy Sisworo, S.I.K., M.I.K. didampingi Kasi Propam Ipda Choirul.

"Pemeriksaan ini sifatnya pengawasan. Dengan tujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api serta amunisi oleh anggota Polri," kata Anggun di sela pemeriksaan, Jumat (3/8/2019).

Anggun menyebut, ada 176 pucuk senpi anggota yang diperiksa. Sasaran pemeriksaan senpi ini meliputi kelengkapan administrasi pemegang senpi dinas. 

Selain itu, kelengkapan surat serta kebersihan senpi juga menjadi perhatian dalam pemeriksaan tersebut.

Hasilnya, seluruh senpi anggota dalam kondisi baik dan layak pakai. Selain itu surat izin penggunaannya juga masih berlaku. 

Sementara untuk hasil tes urine, tak ada indikasi anggota maupun pejabat utama Polres Malang yang menggunakan zat-zat berbahaya dari narkoba.

"Pemeriksaan kita lakukan secara menyeluruh. Alhamdulillah senpi yang di tangan anggota dalam kondisi terawat. Sementara narkoba semuanya negatif," tambahnya.

Kemudian setelah dilakukan pemeriksaan, pada akhir kegiatan Anggun juga mengingatkan agar para anggota selalu berhati-hati dalam penggunaan senpi.

"Anggota juga harus terus merawat dan menjaga kebersihan senpi, serta memperhatikan kelengkapan suratnya," kata mantan Wakapolresta Pasuruan itu. (Sofyan)
Lebih baru Lebih lama