Dandim 0825 Banyuwangi Canangkan Tanam Pohon Sepanjang Jalur Kanan Kiri Jalan Nasional/Propinsi


MenaraToday.com - Banyuwangi :

Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P mencanangkan penanaman pohon mahoni di sepanjang ruas jalan Nasional/Propinsi .


Dalam pelaksanaan upacara pencanangan penanaman bibit pohon mahoni tersebut dilaksanakan di Makoramil 0825/05 Kalibaru yang di hadiri oleh Mayor Inf Herawady Karnawan  Kasdim 0825 Banyuwangi, Kapten Inf Mustohir Pasiter Kodim 0825 Banyuwangi, Drs. Ahamad Nuril Falah Camat Kalibaru,  AKP Abdul Jabar SH.  Kapolsek Kalibaru, Letda CBA Wailik  Pjs Danramil 0825/05 Kalibaru, Para Danramil jajaran Kodim 0825 Banyuwangi, Anggota Kodim 0825 Banyuwangi, Seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Kaibaru, Tokoh Masyarakat dan tokoh pemuda  masyarakat kalibaru serta anggota Pramuka Saka Wira Kartika SMKN 1 Kalibaru.

Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P dalam sambutannya menuturkan," Kami mengucapakan terimakasih kepada para undangan yang telah hadir pada kegiatan penanaman pohon kanan kiri ruas jalan Nasional/Propinsi kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Kodam V/Brawijaya tahun 2019 diwilayah Kodim 0825 Banyuwangi, Sebanyak 7.220 pohon Mahoni yang akan kita mulai dari Kecamatan Kalibaru sampai dengan Kecamatan Wongsorejo, dengan maksud menjaga dan melestarikan lingkungan dan keselarasan oksigen, serta meningkatkan produktivitas alam,"tuturnya.

lebih lanjut Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P menambahkan,"Pada saat ini kita sedang diuji dengan banyaknya bencana yang diakibatkan oleh air, seperti banjir, banjir bandang maupun tanah longsor. Ini semua bisa terjadi karena ulah manusia salah satunya adalah penebangan pohon di hutan secara liar. 

Penebangan pohon dapat mengakibatkan hilangnya fungsi tanaman sebagai penyumbang oksigen serta penyebab terjadinya bencana. 
Luasnya lahan kritis akibat penebangan pohon secara liar tsb membutuhkan strategi dan percepatan rehabilitasi laham dalam waktu segera mungkin salah satu upaya rehabilitasi yaitu melalui kegiatan penanaman pohon tersebut. 

Pohon memiliki peran penting didalam menjaga keseimbangan kehidupan yang berlangsung dimuka bumi, Setiap tahun satu pohin dapat menghasilkan Kisaran 130 kg oksigen dan menyerap karbon dioksida, dengan mensosialisasikan pentingnya pelestarian lingkungan kepada masyarakat dan generasi bangsa agar dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan, Kami menghimbau masyarakat agar memelihara pohon yang telah ditanam sehingga pohon yang kita tanam benar benar hidup karena pohon tersebut bermanfaat sebagai pengatur lingkungan vegetasinya dapat menyerap polusi dan menyaring debu yang dapat menciptakan ruang bagi makhluk hidup sehingga menimbulkan udara lingkungan yang sejuk dan nyaman,"imbuhnya. (S.Rifa'i/Pendim0825)
Lebih baru Lebih lama