PT. JAPFA Comfeed Indonesia Tbk, Ekspor Ikan Sidat Ke Jepang Senilai Lebih dari 13 Miliar


MenaraToday.Com - Simalungun :

Setelah sukses tingkatkan nilai ekspor sebesar 53% pada 2019, PT Japfa Comfeed
Indonesia Tbk (JAPFA) melalui anak perusahaannya PT Suri Tani Pemuka (STP) dan PT Iroha Sidat Indonesia (ISI), diawal 2020 mengekspor produk budidaya perikanan. 

Pelepasan ekspor produk budidaya perikanan senilai lebih dari 13 Miliar Rupiah tersebut terdiri atas produk olahan sidat, produk fillet dan loin ikan tilapia, produk olahan ikan tilapia, serta pakan udang ke Jepang, Amerika, Filipina, dan Timor Leste . 

Produk tersebut dilepaskan oleh Dirjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Dirjen Kementerian Perdagangan Luar Negeri, dan Bupati Banyuwangi di Pabrik Pengolahan Sidat PT Iroha Sidat Indonesia, Banyuwangi.

Direktur Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Agus Suherman menuturkan apresiasinya
terhadap komitmen JAPFA dalam melaksanakan nilai perusahannya.

 “JAPFA memiliki komitmen yang bagus, Berkembang menuju kesejahteraan bersama memiliki makna maju untuk sejahtera dengan sinergi, sesuai dengan
arahan dari Presiden RI, Bapak Jokowi,” ujar Agus. 

Menurutnya sinergi ini menggabungkan kekuatan perusahaan dengan pemerintah, khususnya dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam memajukan produk budidaya perikanan. 

Disisi lain, Direktur Jendral Perdagangan Luar Negeri, Indrasari Wisnu Wardhana dalam pidatonya mengutarakan
rasa bangga terhadap JAPFA yang telah berhasil menembus pasar internasional dengan produk olahannya. 

“Saya bangga dengan JAPFA yang hingga saat ini sudah bisa melakukan ekspor tidak hanya terbatas produk beku, namun
juga produk yang telah di olah dan siap di konsumsi oleh masyarakat di luar negeri. Hal itu merupakan sebuah kemajuan yang luar biasa,” ujar Indra.

Ia melanjutkan bahwa ekspor produk olahan memiliki nilai tambah hingga
dua kali lipat dibandingkan dengan produk beku sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara. 

Sampai dengan saat ini berbagai produk olahan perikanan JAPFA telah dipasarkan ke 14 negara di benua Amerika, Eropa, Afrika dan Asia. 

Tercatat sepanjang tahun 2019, Divisi Budidaya Perairan JAPFA mampu memberikan kontribusi ekspor senilai 438 Miliar Rupiah.

Pelepasan ekspor ini telah membuka kembali langkah JAPFA untuk melanjutkan komitmennya dalam mendukung
ekspor dan kemajuan produk Indonesia dengan bersinergi dengan pemerintah.

Ardi Budiono, Head of Aquaculture 
Division JAPFA Group (Suri Tani Pemuka) menyampaikan, “Pelepasan ekspor ini merupakan bentuk konsistensi JAPFA dalam mendukung ekspor di berbagai komoditas, dimana awal tahun ini JAPFA kembali mengawalinya dengan
mengekspor produk budidaya perikanan.

 Hal ini tidak terlepas dari upaya JAPFA dalam mendukung pemerintah meningkatkan devisa negara.

Pencapaian ini tentunya didukung dengan standar kualitas dan mutu produk budidaya perikanan yang terus dijaga
oleh JAPFA. 

“Disetiap rantai produksinya, kami memastikan kualitas dari mulai pemilihan bahan baku dan pengawasan yang ketat serta melalui proses produksi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” ujar Ardi. 

Sebagai contohnya, kami menggunakan pakan ikan apung yang ramah lingkungan dalam budidaya tilapia kami di Danau Toba. 

Proses pemberian pakan juga dilakukan menggunakan feed broadcaster sehingga tepat takaran. Sedangkan untuk produk sidat, kami juga menjalankan restocking dimana sidat yang dibudidayakan, sebagian
hasilnya akan dikembalikan ke alam,” jelasnya. 

Pelepasan ekspor awal tahun 2020, dilaksanakan serempak di tiga unit bisnis JAPFA (Banyuwangi, Cirebon, Medan) 
yang saat ini acara dipusatkan di Banyuwangi. 

Setelahnya, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi Tambak Sidat ISI di Blimbingsari, dimana rombongan dapat melihat langsung proses manajemen budidaya sidat yang baik yang diterapkan oleh JAPFA, serta proses panen sidat tersebut.

JAPFA akan terus berupaya melakukan peningkatan mutu dan layanan untuk membuka peluang agar dapat memasuki pasar internasional yang lebih luas guna mendukung program Pemerintah Indonesia akan target ekspor Perikanan Indonesia. 

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan dan penggemukan sapi, budidaya perikanan, serta produksi 
vaksin dan obat-obatan hewan. Diiringi dengan program-program kegiatan sosial yang berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, JAPFA terus mendukung pengembangan kualitas hidup, sesuai dengan nilai perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”. Ujarnya (712)
Lebih baru Lebih lama