Tunjukkan Sikap Arogan, Oknum Pegawai Inspektorat Probolinggo Usir Wartawan Saat Meliput


MenaraToday.Com - Probolinggo :

Seorang oknum pegawai Inspektorat Kabupaten Purbolinggo, Ahsanunnas menjabat sebagai Inspektur wilayah I  Pemerintah Kabupaten Probolinggo menunjukkam sikap arogansinya dengan mengusir wartawan yang sedang meliput kasus dugaan pengurangan beras untuk warga miskin di Desa Pasembon Kecamatan Kota Anyer Kabupaten Purbolinggo. 

"Saat kita mengambil video dan foto-foto untuk keperluan pemberitaan, tiba-tiba oknum tersebut menggebrak meja dan dengan nada kasar Ahsanunnas yang merupakan Inspektur Wilayah I Kabupaten Purbolinggo ini mengusir wartawan yang tengah mengerjakan tugas jurnalistiknya. 

"Jadi salah satu awak media menjelaskan bahwa tengah menjalankan tugas jurnalistik namun dengan nada tinggi Ahsanunnas beryanya 'Anda dari media Televisi,  Media Cetak Atau Onlie' katanya sembari menggebrak meja dan menunjuk wajah wartawan yang menerangkan bahwa dirinya tengah bekerja" ujar Zainul salah seorang wartawan yang menyaksikan peristiwa tersebut. 

Zainul menambahkan setelah menggebrak meja,  oknum inspektorat ini menunjuk salah seorang wartawan TV lokal untuk maju dan menunjukkan kartu pers nya.  Setelah kartu ditunjukkan, oknum ini malah berteriak dan mengintervensi warga untuk mendukungnya mengusir wartawan, bahkan menyuruh wartawan untuk menghapus video dan foto-foto hasil liputan

"Apa yang dilakukan oleh oknum pegawai Inspektorat ini sudah melanggar hukum sesuai dengan UU Pokok Pers Nomor 40 tahun 1999 serta UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Kami meminta kiranya Gubernur dan Bupati menindak oknum ini agar tidak mencoreng nama instansi pemerintah. 

Sementara itu Kepala Inspektorat Pemkab Probolinggo, Sigit Sumarsono saat di hubungi beberapa awak media terkait hal ini belum memberikan jawaban.  (Tim) 
Lebih baru Lebih lama