Demi Peningkatan Ekonomi Kerakyatan, Nagari Panyubarangan Bangun Fasilitas Umum


MenaraToday.com - Dharmasraya :

Geliat  pembangunan prioritas di Nagari Panyubarangan, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya, melalui dana desa (DD) serta APBD, dan APBN tahun 2020. 

Wali Nagari Panyubarangan Suwanto, didampingi Sekretaris Mukhsin Sidik, ketika ditemui di ruang kerjanya Selasa (17/3/2020) menyebutkan bahwa, Pembangunan prioritas akan dilaksanakan Nagari Panyubarangan tahun 2020 ini, melalui DD, berupa pembangunan Rigit Beton jalan pemukiman warga sebanyak 5 titik, dengan pagu dana senilai Rp532 juta lebih. 

Selain itu juga dibangun satu unit gedung pos yandu dengan pagu dana senilai Rp160 juta lebih, serta Standing berupa pemberian makanan asupan gizi untuk anak 1000 hari kehidupan, dengan anggaran senilai Rp22,500 juta. 

Nagari Panyubarangan memiliki 8 Jorong, mula dari jorong Trimulya sari, I, Trumulya II, Tri mukya Jaya, Trumulya III, Mulya Baru, Suka Jadi, dan Panyubarangan, dihuni oleh 2.795 jiwa, dengan mata pencaharian petani sawit sebanyak 80 persen, sisanya petani sawah, pegawai, karyawan, dan pedagang, dan wiraswasta.

Selain dari DD, tahun ini Nagari Panyubarangan juga mendapat asupan dana APBN, untuk pembangunan Embung berada di Jorong Mulya Baru, dengan pagu dana senilai 11, 5 milyar. Pembangunan jalan hot mix mulai dari Simpang Tabek, hingga simpang tiga Pinang Makmur dengan pagu dana senilai Rp6 milyar.

Selanjutnya juga akan dibangun gedung lokal Filial (lokal jauh) Sekolah Dasar (SD) berada di Kampung Jao, melalui dana provinsi dengan pagu dana senilai 200 juta. Dengan banyaknya pembangunan tahun ini, diharapkan meningkatkan ekonomi kerakyatan, pungkas Suwanto.  (Syaiful Hanif)
Lebih baru Lebih lama