Kodam XII/Tpr Dirikan Posko Siaga Wabah Corona


MenaraToday.Com - Kubu Raya :

Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura turut serta membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah dalam penanganan wabah Virus Corona atau Covid -19 dengan mendirikan “Posko Siaga Covid-19”. 

Untuk di Kalbar posko didirikan di Rumkit Tk. II Kartika Husada, Rumah Sakit Tk. IV Sintang dan Rumah Sakit Tk. IV Singkawang. Sedangkan untuk di Kalteng di Rumah Sakit Tk. IV Palangka Raya.

Demikian yang disampaikan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., melalui rilisnya pada hari ini di Kantor Pendam XII/Tpr. Minggu (15/3/20)

Disampaikan juga, selain mendirikan Posko, Kodam XII/Tpr juga mendirikan tenda lapangan yang nantinya akan digunakan sebagai ruang isolasi apabila kami mendapati pasien yang terindikasi terkena virus Covid-19.

"Untuk tenda lapangan ini kami lengkapi dengan 10 tempat tidur berikut sarana medis lainnya, untuk tempat pengisolasian pasien, apabila ditemukan pasien yang terjangkit (positif) Covid-19," terangnya.

Menurut Kapendam XII/Tpr, pendirian Posko Siaga Covid-19 di Rumkit Tk. II Kartika Husada ini sebagai tindak lanjut dari perintah Komando Atas untuk mempersiapkan diri dari segala kemungkinan yang terjadi. Serta sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona, baik kepada Prajurit TNI di wilayah Kodam XII/Tpr maupun kepada warga masyarakat sipil.

"Dalam penanganan wabah Corona ini perlu kolaborasi semua pihak. Untuk itulah TNI dalam hal ini Kodam XII/Tpr berupaya turut membantu pemerintah daerah," kata Kapendam XII/Tpr.

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., meminta kepada prajurit serta masyarakat di Kalbar dan Kalteng untuk tidak panik terkait merebaknya Covid-19. Selain itu meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoak terkait dengan virus Corona

Dirinya menghimbau kepada prajurit agar selalu melakukan pola hidup sehat, misalnya kelola stres, jaga kebersihan, konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur.

Kolonel Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., menganjurkan kepada prajurit dan masyarakat untuk menggunakan masker apabila batuk atau pilek, mengkonsumsi gizi seimbang, memperbanyakmakan sayur dan buah, serta menghindari kontak langsung dengan hewan, jangan konsumsi daging yang tidak dimasak.

"Sebaiknya kita sesering mungkin melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun atau desinfektan," pungkas Kapendam XII/Tpr. (Pendam XII/Tpr/Bayu)
Lebih baru Lebih lama