KPU Nias Sosialisasikan PKPU Nomor 5 Tahun 2020.


MenaraToday.com - Nias :

Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Nias sosialisasikan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 Tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota.

Acara sosialisasi tersebut bertempat di gedung serbaguna Kecamatan Gido, Selasa (16/6/2020) yang dihadiri Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli.

Pada sambutan Ketua KPU Kabupaten Nias, Firman Mendrofa menyampaikan bahwa saat ini kita sudah berada pada tahap pilkada.

"Tahapan Pilkada yang telah tertunda sejak bulan tiga yang lalu karena adanya wabah Covid-19, mulai kemarin 15 Juni kita mulai kembali," ungkap Firman. 

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah mengaktifkan kembali badan adhoc ditingkat Kecamatan dan Desa.

Dikegiatan yang sama, Ketua Bawaslu Novan Maskurnia Hura mengucapkan pihaknya akan mengedepankan pencegahan dari hal-hal yang berpotensi terjadinya kecurangan. 

"Ini adalah pemilihan serentak yang dimana kita diharuskan memiliki imunitas yang kuat dan tidak lupa juga dengan penerapan protokol kesehatan. Kami yang bertugas sebagai pengawas akan mengedepankan pencegahan," ucap Novan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Nias menyatakan dukungannya terhadap KPU Kabupaten Nias.

"Kita mendukung kegiatan KPU Kabupaten Nias dalam menyukseskan terselenggaranya Pilkada tentu dengan mempedomani protokol kesehatan. Namun terkait tambahan anggaran akibat Covid-19 itu menjadi tanggung jawab APBN," jelas Bupati Nias.

Diakhir penyampaiannya Sokhiatulo Laoli mengharap agar semua masyarakat dan penyelenggaraan pemilu dapat mengikuti protokol Kesehatan sesuai himbauan Pemerintah.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi oleh Komisioner KPU, Iman Murni Telaumbanua.

Pada sosialisasi tersebut narasumber menyampaikan jika pemilu serentak dilaksanakan pada tanggal, 9 Desember 2020.

Hadir pada sosialisasi tersebut Bupati Nias, Kasdim 0213/Nias, Mewakili Kapolres Nias, Bawaslu Nias, para pimpinan parpol, Kadis Dukcapil Kabupaten Nias, Kaban Kesbangpol Kabupaten Nias, bakal calon wakil Bupati Nias Fa'adamai, perwakilan tim Enoniu serta jajaran KPU Kabupaten Nias. (Tim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama