216 Buruh Migran Asahan Tiba Di Kampung Halamannya

Keterangan Gambar : Bupati Asahan didampingi Dandim 0208/AS dan Kapolres Asahan saat menjembut pekerja Migran di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai (Foto :  NN)


MenaraToday.Com - Asahan :

Dengan proses panjang akhirnya Pemerintah Kabupaten Asahan berhasil memulangkan sebanyak 216 orang Buruh Migran yang bekerja di Malaysia, Selasa (2/6/2020). Malam.


Kepulangan para buruh migran ini langsung di jemput Bupati Asahan,  Surya Bsc, Walikota Tanjungbalai,  HM. Syahrial,  Dandim 0208/As, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Kapolres Tanjungbalai,  AKBP Putu Yudha Prawira,  Danlanal TBA,  KSOP tanjungbalai dan Bea Cukai Tanjungbalai Karimun di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai.


Jumlah pekerja migran yang dipulangkan hari ini berjumlah 216 orang terdiri dari 208 orang asal Asahan dan 8 orang dari KBRI. Dan dalam pemulangan Pekerja Migran ini tidak ada di kutip biaya sama sekal.  Semua ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Asahan. Sedangkan untuk proses pemulangannya kita berkerjasama dengan KBRI di Kuala Lumpur dan  Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia" Jelas Surya BSc


Bupati juga menyebutkian sempat terjadi penundaan pemuangan pekerja migran akibat adanya permasalahan adminisitrasi

“Penundaan pemulangan pekerja migran seharusnya pada hari Rabu (1/7/2/2020) kemarin,  namun karena adanya permasalahan administrasi di Malaysia, akhirnya para pekerja migran ini bisa kembali ke kampung halamannya dan dalam pemulangan ini tidak ada paksaan dari manapun, semua atas keinginan mereka sendiri sebab di Malaysia diberlakukannya Lockdown karena wabah virus Covid 19 yang berdampak ke pekerjaan mereka. Atas dasar itu kita merasa prihatin dengan keadaan mereka, sehingga kita memfasilitasi kepulangan mereka. Kemudian mereka akan kita lakukan karantina di kolam renang Pemkab Asahan sertalah itu akan diantar oleh Camat masing-masing. Kemudian Camat serta Puskesmas setempat akan mengontrol keadaan mereka hingga batas waktu yang telah ditentukan” ujar Surya

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Asahan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan Kota Tanjungbalai yang ikut membantu pemulangan para pekerja migran asal Asahan ini.

“Kepada masyarakat Kabupaten Asahan saya berharap dapat mematuhi himbauan protokol kesehatan yang diberikan pemerintah dan selalu menerapkan protokol keehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19” ujarnya mengahiri (Nunk/Adjie)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama