-->
Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Air Terjun Sungai Batang Asam Jujuhan, Potensi Obyek Wisata di Dharmasraya

Ketrangan Gambar : Lokasi Air Terjun Sungai Batang Asam Jujuhan (Foto : Rafly)


MenaraToday.Com – Dharmasraya :

Dengan mengetahui kondisi serta potensi alam yang dimiliki kecamatan Asam jujuhan yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi obyek wisata unggulan di Kabupaten Dharmasraya. Kelompok Sadar Wisata (POK DHARWIS), Rajo Nan Hitam (RANTAM) Alahan Nan Tigo (ANTIG). Di bawah naungan Pemerintah Nagari Alahan Nan Tigo. Terus meningkatkan penataan infrastruktur di area Destinasi Air terjun Sungai Batang, yang terletak di Nagari Alahan Nan Tigo, Kecamatan Asam Jujuhan, Dharmasraya, Sumatera Barat.


Hal ini dalam upaya mengangkat potensi wisata yang masih sangat jarang diketahui oleh masyarakat luar Kecamatan Asam Jujuhan. Destinasi Air Terjun Sungai Batang tersebut memiliki potensi dan daya tarik tersendiri untuk dikembangkan serta semuanya masih alami dan perlu pembenahan dan Penataan lokasi lebih baik lagi untuk mempermudah akses ke lokasi, serta Strategi ini dipandang dapat menjadi daya tarik Pengunjung baik dari Kecamatan Asam Jujuhan sendiri maupun dari luar Asam Jujuhan yang sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Mahruzi, Sekretaris Nagari Alahan Nan Tigo, saat di jumpai awak media di lokasi, Selasa 28/7/20. Menyebutkan, dengan memperindah serta melengkapi segala Pasilitas lokasi air terjun sungai batang tersebut dapat menarik perhatian dari para wisatawan dan dapat meningkatkan Ekonomi bagi masyarakat.

"Disini kami telah melengkapi berbagai pasilitas untuk para Pengunjung, seperti Pondok-pondok, Rumah Pohon sebagai tempat tongkrongan pengunjung. Dengan mempercantik lokasi air terjun ini, Harapan kami dapat meningkatkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat" ujar Mahruzi

Hal senada juga di sampaikan oleh Yunus selaku pengelolah lokasi ait terjun sungai batang.

"Air terjun sungai Batang memang belum dikenal banyak oleh masyarakat luar Asam Jujuhan, namun setelah adanya pembenahan dan penataan lokasi, serta telah kami lengkapi pula dengan Pondok-pondok, rumah pohon sebagai tempat tongkrongan, Alhamdulillah masyarakat sudah mulai ramai datang berkunjung, terutama dari kalangan muda mudi" Ungkapnya.

Herlina Marzuki sebagai tokoh masyarakat Nagari Alahan Nan Tigo, Saat di temui di kediamannya di Batu Kangkung mengatakan bahwa air terjun Sungai Batang yang terletak di Nagari Alahan Nan Tigo tersebut, ialah satu-satunya air terjun yang patut di kelolah dengan baik, selain dari perhatian Pemerintah Nagari sendiri juga perlu perhatian dari Pemda Kabupaten Dharmasraya, karena air terjun ini adalah satu-satunya air terjun yang cukup indah di Kabupaten Dharmasraya dengan akses jalan yang cukup bagus, sebab letaknya hanya beberapa meter saja dari pemukiman kampung, dan hal ini pun dapat meningkatkan daya tarik wisatawan ke Asam Jujuhan, juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Asam jujuhan sekitarnya.

"Harapan kita bersama membangun obyek wisata air terjun ini adalah untuk menunjukkan potensi yang ada di Nagari Alahan Nan Tigo, selain indah, letaknya pun hanya dekat di pemukiman kampung. Untuk itu kita berharap, selain dari perhatian Pemerintah Nagari ini sendiri, juga perlu perhatian lebih lanjut dari Pemerintah Kabupaten. Sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi dan nilai tambah bagi warga Nagari Alahan Nan Tigo dan sekitarnya yang ada di Kecamatan Asam Jujuhan ini". Tutupnya.(RN).

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !