Pilot Project Kampung Paten Kota Siantar


Menaratoday.com, Pematangsiantar:

Pencegahan penyebaran Covid-19  membentuk Kampung Paten sebagai Pilot Project Program Kampung Paten Siatar yang terletak di Sianjur Nauli Kecamatan Siantar Simarimbun Kota Pematangsiantar.  Selasa 21 juli 2020

"Kapolres Siantar  AKBP Budi Pardamean saragih menjelaskan Terbentuknya Kampung paten dilatar belakangi oleh Pandemi Covid-19 yang berdampak luas terhadap kehidupan Sosial, Ekonomi dan Budaya masyarakat.

dimana Covid-19 merupakan ancaman nyata yang merugikan Masyarakat Indonesia, sehingga Pemerintah perlu melakukan upaya upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Lanjut menambahkan kita juga bekerja sama dengan gugus tugas, Kapolsek Siantar Marihat, Camat Simarimbun, Puskesmas Sianjur Nauli dan Lurah Sianjur Nauli  membangun upaya bersama ketangguhan Masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Adapun Program-program Kampung Paten  yaitu :

1. Sebuah Pilot Project Kolaboratif dengan Stakeholder untuk melakukan aksi nyata di Desa atau kelurahan yag ditunjuk, karena terindekasi tingginya penyebaran Covid-19

2. konsep Kampung Paten tersebut menitik beratkan peran serta aktif elemen Masyarakat baik personal atau kelompok.

3. kegiatan Kampung Paten Siantar semua kegiatan mendapatkan pendampingan dari Stakeholder secara intens dan terfokus.


Adapun tujuan pembentukan Kampung Paten adalah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 diwilayah tertentu dalam batas waktu yang sudah ditentukan, Membangkitkan kesadaran Masyarakat dan membangun semangat kebersamaan untuk lebih waspada dalam menghadapi penyebaran Covid-19, Membangun solidaritas antar sesama warga untuk Meminimalisir dampak social ekonomi akibat Pandemi Covid-19 dengan cara meningkatkan kemampuan dan kemandirian Masyarakat dan Melakukan sosialisasi kepada Masyarakat umur produktif agar dapat kembali bekerja dengan aman.

Pelaksana Kampung Paten adalah warga kampung itu sendiri dengan kriteria sendiri, perangkat Desa, RT, Rw berikut Fokus utama adalah Tangguh Kesehatan, Tangguh ketahanan Pangan dan Tangguh Keamanan. (Al,Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama