-->
Call Center0821-6669-1169
Admin IT0821-6787-4402

Terkesan Seremonial, Pj Sekda Kabupaten Malang JSI Minta OPD Harus Miliki Sense Of Crisis Tangani Covid-19

Keterangan Gambar : Presiden Direktur JSI, Abdul Qodir (Foto : Yasin)


MenaraToday.Com – Malang :

Jaringan Satu Indonesia (JSI) sebagai duta sosial, terpanggil untuk satu tarikan nafas atas kebijakan Pemkab Malang di bawah kepemimpinan H. M. Sanusi sebagai Bupati Malang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dengan segala dampaknya.

Presiden Direktur JSI, Abdul Qodir mengatakan penanganan Covid-19 di Pemkab Malang tidak bisa hanya bertumpu pada satu Dinas Kesehatan dan BPBD saja. Namun semua OPD harus All Out bekerja menjadi pemimpin orkestrasi percepatan penanggulangan dan harus hilangkan ego sektoral, sehingga apa yang menjadi harapan Bupati Malang dalam percepatan penanggulangan Covid-19 dengan segala dampaknya bisa segera teratasi.

"Begitupun dengan kami JSI, mencoba mengurai masalah, sebab apabila penanggulangan Covid-19 hanya bersifat seremonial belaka, maka apa yang menjadi cita-cita bersama untuk segera bebas dari pandemi ini hanya omong kosong," pungkasnya.

Untuk hal itulah kemudian JSI menggandeng Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang untuk turun menjadi relawan kemanusiaan, karena bicara covid-19, juga harus peka terhadap dampaknya.

"Dampaknya apa, dampaknya adalah ekonomi, jika bicara ekonomi, maka urusannya dengan perut, nah jika sudah urusan dengan perut maka berkaitan dengan ketahanan pangan," pungkas pria yang akrab disapa Cha' Adeng itu.

Ia mengaku, pemikiran sederhana itulah yang melatar belakangi JSI menggandeng dinas terkait, untuk turun ke lapangan bersama programnya.

"Hanya memang dalam pelaksanaannya kami banyak menemukan kendala. Dinas Ketahanan Pangan ini memiliki program yang bagus, tapi memang belum terealisasi karena tidak adanya penganggaran karena kebijakan rasionalisasi 50 % anggaran," pungkas Adeng.

Tapi hal itu tidak membuat JSI dan Dinas Ketahanan Pangan patah semangat, mereka mencoba melakukan penggalangan dana secara swadaya atau mandiri.

"Kami hubungi beberapa donatur kemudian kami diskusikan dengan Bupati Malang beserta Ketua DPRD dan alhamdulillah semua semua pemimpin kami ini mendukung,  difasilitasi Kepala Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, kegiatan terlaksana dan disambut antusias oleh petani disana," ujarnya.

Kegiatan dikemas dengan nama kegiatan 'Cangkrukan Sambang Dulur', penyuluhan dan diskusi itu dihadiri oleh Bupati beserta Ketua DPRD, keseriusan JSI dalam menjalankan misi kemanusiaan ini dibuktikan dengan bermalam bersama warga untuk memberikan solusi menuju ketahanan pangan di Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, Rabu (15/7/2020) hingga Kamis (16/7/2020).

Dalam hal ini, JSI meminta kepada Pj Sekda Kabupaten Malang agar mendorong seluruh OPD memiliki Sense Of Crisis atas pandemi covid-19 ini.

"Sekali lagi hilangkan ego sektoral dan jangan hanya asik dengan kegiatan kegiatan yang bersifat seremonial. Aplikasikan harapan Bupati, bagaimana kemudian pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Masyarakat juga sudah ada pada batas kerinduan untuk bisa kembali pada aktivitas normal," tuturnya (yasin)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !