-->
Call Center0821-6669-1169
Admin IT0821-6787-4402

Beri Penyuluhan dan Bagikan APD, Cara Mahasiswa UMM Tingkatkan Kepedulian Kesehatan Warga



MenaraToday.Com - Malang :

Sebelum terjun ke lapangan dalam mengawali program kerja untuk melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu Abdi Malik Rahardjo dan Ersalita Rahmadhani Pratiwi yang tergabung dalam Kelompok 31 PMM - UMM Gelombang 3 di Desa Keboan Anom RT.01 RW.01, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo ini mulai berdiskusi kepada Kepala Desa Keboan Anom yaitu Ach. Syaiful Hadi, S. Ag perihal kegiatannya selama 30 hari kedepan.

Ach. Syaiful Hadi mengatakan, "Tepat sekali jika mahasiswa UMM ingin melakukan sebuah kegiatan berbasis masyarakat di Desa Keboan Anom, dimana tingkat kepedulian terhadap protokol kesehatan yang masih rendah terutama dalam menggunakan masker serta mencuci tangan menggunakan sabun, harapan kami dengan adanya PMM yang dilakukan mahasiswa UMM ini mampu meningkatkan pengetahuan serta kepedulian warga kami mengenai Covid-19 serta memutus rantai penularan Covid-19," ujarnya, Rabu (5/08/2020).

Koordinator desa Abdi Malik Rahardjo menerangkan, kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ini mengambil tema 'Meningkatkan Kepedulian Kesehatan Perseorangan di Masa Pandemi Covid-19' dengan sasaran warga Desa Keboan Anom RT. 01 RW. 01 serta terdapat kegiatan berupa penyuluhan seputar Covid-19, cara beradaptasi di era new normal dan lain lain. Sehingga harapan kami warga Desa Keboan Anom mampu tetap peduli dengan protokol kesehatannya selama masa new normal saat ini.

"Kegiatan awal dari PMM kami ini adalah proses diskusi bersama Kepala Desa Keboan Anom seputar materi penyuluhan kepada warga, penempelan poster di balai desa Keboan Anom, dan permohonan izin untuk melakukan proses door-to-door di rumah warga, dengan adanya hal ini harapan kami mampu meningkatkan pengetahuan warga seputar Covid-19" terangnya.


Sejumlah hampir 80an masker dan handsanitizer siap untuk di distribusikan kepada warga RT.01 RW.01 Desa Keboan Anom, langkah ini kami tempuh agar mahasiswa mampu menggandeng masyarakat untuk bersama-sama melawan dan peduli terhadap kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

"Kegiatan PMM yang akan kami lakukan nantinya berupa penyuluhan secara door-to-door kepada warga menggunakan media cetak poster serta pembagian masker kain dan handsanitizer" tambah Ersalita selaku anggota kelompok.

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler yang terkendala akibat pandemi saat ini, namun tidak mematahkan ide dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) kampus UMM untuk tetap memiliki terobosan guna mahasiswa tetap mampu bermanfaat bagi masyarakat yaitu melalui program PMM ini.

Seluruh kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini diawasi dan dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Mohamad Irkham Mamungkas, ST., MT. (Tim)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !