Jelang Ulang Tahun Ke – 41, DPD JBMI Labura Gelar Kemah Membangun Karakter Bersama Masyarakat

Keterangan Gambar : Ketua DPD JBMI Labuhanbatu Utara, Maruli Tanjung didampingi Ketua Panitia Darwin Marpaung menyalakan api unggun tanda dibukanya Kemah Membangun Karakter Masyarakat Bersama JBMI  (Foto : Ngatimin)

MenaraToday.Com  - Labuhanbatu Utara :

Dewan Pimpinan Daerah (Jami’yah Batak Muslim Indonesia (JBMI) menggelar kegiatan kemah membangun karakter masyarakat bersama JBMI di Kampung nyaman Desa Lobuhuala Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara pada tanggal 29 sampai 30 Agustus 2020.

Pembukaan pelaksanaan kemah tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2020 pukul 20.20 Wib dengan ditandai penaiakn bendera JBMI dan menyanyikan hymne JBMI dengan dipimpin oleh Tsanitaul Bariah br. Siagian yang merupakan putri dari pasangan M. Januar Ahadi Siagian dan Nurmala Br. Marpaung dengan beranggotakan 11 orang putra/putri cilik Kampung Nyaman.

Pimpinan acara penaikan bendera JBMI dilakukan Hairul Padli Siagian yang merupakan putra dari pasangan Ali Amran Siagian dengan Sri Kamsih br. Sitorus. Tim penaikan bendera JBMI, Fadli Pratama Siagian yang merupakan putra dari pasangan M. Januar Ahadi Siagian dan Nurmala Br. Marpaung, pembawa bendera JBMI, Nina Ariyanti br. Sinaga dan Anas Fadillah Sinaga yang merupakan anak dari pasangan dari pasangan Sihabuddin Sinaga dengan Nilawati Sitorus

Dalam laporannya, Ketua Kemah Membangun Karakter Masyarakat Bersama JBMI, Darwin Marpaung menyebutkan acara kemah membangun karakter ini dilaksanakan selama dua hari yakni hari Sabtu dan Minggu. Tujuan acara tesebut adalah sebagai bentuk kepedulian JBMI kepada masyarakat khususnya kepada peserta didik dalam rangka menjelang HUT JBMI yang lahir pada tanggal 11 Muharram 1400 H, tahun 1979 Masehi.

“Dimana dalam kondisi Pandemi Covid 19, pemerintah memberlakukan sistem Daring (pembelajaran jarak jauh), kepada peserta didik, disinlah JBMI hadir untuk membimbing anak-anak di daerah terpencil khususnya di daerah Blank Spot untuk memandu anak-anak dalam menyelesaikan mata pelajaran di sekolahnya. Saya sangat bersyukur karena berkat kerja keras serta pastisipasi masyarakat, Alhamdulillah acara ini dapat berlangsung dan saya menyadari tentunya banyak terdapat kekurangan dalam penyelenggaran acara ini, maka dari itu kami segenap panitia memohon maaf kepada para undangan yang hadir, jika ada hal yang kurang berkenan dalam pelaksanaan Acara Kemah Membangun Karakter ini” ujar Darwin.

Sementara itu Ketua DPD JBMI Maruli Tanjung yang bertindak sebagai Pembina Upacara dalam penaikan bendera JBMI menyebutkan rasa terima kasih kepada masyarakat kampung nyaman atas partisipasi serta kerjasamanya dalam melaksanakan acara Kemah Membangun Karakter ini.

“Situasi Pandemi Covid 19 mengharuskan adanya sistem daring kepada peserta didik, sementara itu hasil dari penelitian JBMI banyak orang tua yang pusing untuk mengisi tugas sekolah yang diberikan guru kepada anak-anaknya. Untuk daerah yang terpencil dan blank spot, anak-anak mersakan kesulitan mengerjakan tugasnya, sehingga tak jarang sang anak malah asyik bermain daripada mengerjakan tugas sekolahnya dan da yang malah ikut bekerja dengan orang tuanya. Atas hal inilah JBMI hadir dan melakukan bimbingan terhadap anak peserta didik yang bertujuan membantu guru dan orang tua si anak.

Selain itu JBMI juga akan menyajikan materi Cinta Tanah Air dan kewajiban Mematuhi  Portokoler Covid-19 serta menanamkan jiwa patriotisme kepada anak dan menjauhkan paham radikalisme dini terhadap anak. Yang mana semua itu tujuannya adalah agar anak  di Desa Lobuhula  menjadi anak yang Shaleh dan Shaleha beriman dan Bertaqwa kepada Allah SWT” ujar Maruli.

Maruli juga berpesan kepada Kepala Desa Lobuhula agar memperhatikan Jalan menuju Dusun- Dusun terpencil di Desa Lobuhula agar dapat dibangun supaya semua urusan menjadi lancar.

“Nanti api unggunnya kita nyalakan secara bersama-sama, maka dari itu mari  kita jadikan Api penyemangat Kampung ini agar lebih maju. Bukan tidak mungkin ada dari kampung ini kelak Kapolsek ada yang jadi guru, ada yang jadi TNI dan Pengusaha". Cetusnya.

Usai menyampaikan sambutannya, Maruli Tanjung bersama-sama dengan Babinkamtibmas dan Kepala Desa memegang obor yang disediakan panitia kemudian menyalakan api unggun secara bersamaan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Lobuhuala Asrul J Pasaribu mengucapkan terimakasih kepada JBMI, karena telah peduli terhadap masyarakat dan telah mengurangi beban pemikiran pihaknya.

 " Terimakasih kepada JBMI telah hadir bersama kami. Dalam bentuk perhatian mendampingi anak-anak dalam proses menyelesaikan pekerjaan sekolahnya. Hal ini telah mengurangi beban pemikiran kami. Semoga JBMI bertambah jaya dan maju dan terus memberikan edukasi dan percontohan yang baik ditengah-tengah masyarakat. Apa yang disampaikan kepada kami Insyaalah akan kami pikirkan. Terkait bentuk kepedulian terhadap anak peserta didik. Beberapa waktu yang lalu kami telah melayangkan surat ke Dinas Perpustakaan Kabupaten Labura untuk mendapatkan buku-buku bacaan agar dibagikan kepada anak-anak sekolah untuk menambah perbendaharaan ilmu anak”. Ucap Asrul. 

Amatan Media ini, acara tersebut disambut meriah oleh ratusan anak anak di daerah itu. Terlihat dari wajah mereka menampakkan senyum senang melihat acara yang dilaksanakan dan para tamu dan undangan merasa terhibur dengan penampilan Tari Sinaggar Tullo oleh para Putra-Putri Cilik kampung nyaman dengan tetap mengikuti prokoler kesehatan Covid 19 dengan menyediakan tempat cuci tangan, menggunakan masker serta menyediakan tempat untuk cuci tangan.

Hadir pada acara itu dari Pemerintahan Kepala Desa Lobuhuala, Asrul J.Pasaribu, Bhabinkamtibmas Polsek Kualuh Hulu  Aipda Raja Husin Siregar, Ketua DPD JBMI Kabupaten Labura Maruli Tanjung, Wakil Ketua DPD JBMI, M. Edy Yamin Simatupang, Wakil Sekretaris DPD JBMI Arzein Alwi Siahaan, Ketua Panitia Kegiatan, Darwin Marpaung, Tokoh Pemuda dan Masyarakat (Ngatimin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama