Lembu Berkepala Dua dan Dan Kaki Dua Lahir di Asahan

Keterangan Gambar : Kondisi anak lembu yang memiliki dua kepala dan dua kaki dalam kondisi mati (foto : Facebook)

 

MenaraToday.Com – Asahan :

Seekor Lembu lahir dengan kondisi tidak lazim di Desa Teluk Dalam Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Dimana Lembu yang memiliki dua kepala dan dua kaki ini viral di media sosial facebook setelah video yang diunggah oleh akun Putra Bugis di Group Asahan Up To Date, Minggu (30/8/2020).

Namun Lembu yang lahir dengan kondisi tidak lazim itu tidak dapat bertahan hidup lama. Setelah beberapa saat dilahirkan, anak Lembu tersebut mati. Namun sebelum anak Lembu terebut mati, pemilik Lembu sempat mengabadikan kelahiran anak Lembu tersebut.

“Subhanallah. Anak lembu yang lahir kurang umur ini memiliki kelainan dengan kepala dua dan kaki dua di Desa Teluk Dalam, Asahan”, tulisnya.

Dalam video tersebut terlihat dua kepala lembu tersebut saling menempel. Sementara itu terlihat dua kaki dibelakangnya,

“Anak sapi tersebut telah mati dan dikerubungi lalat, diduga sebelum dikuburkan, pemilik anak lembu tersebut merekam moment yang tidak biasa terjadi dan membagikannya ke akun facebooknya” ujar salah seorang warga kepada MenaraToday.Com

Dikutip dari berbagai sumber, fenomena kelahiran anak lembu yang aneh ini dikaitkan dengan hal mistis. Secara ilmiah, Lembu berkepala dua ini memiliki pertumbuhan yang tidak sempurna saat proses pembelahan sel.

"Proses pembelahan selnya itu mungkin pembentukannya kembar. Sehingga yang satu bagian tubuhnya nggak sempurna. Sama kejadiannya seperti kembar siam. Salah satu tidak sempurna jadi menempel," kata Peneliti Peternakan Bram Brahmantiyo saat dikutip dari laman detik.com

Bram menjelaskan, kelahiran langka Lembu dalam kondisi cacat itu bukan hal baru. Sejumlah kasus pernah ditemukan bahkan ada yang kaki-kaki Lembu menempel di perut. Umumnya hal itu terjadi karena kurangnya nutrisi saat pembelahan sel.

"Ketika pembelahan selnya kurang nutrisi sehingga ada yang cacat. Kadang-kadang ada yang kaki nempel di perut, kaki empat ada empat lagi di dadanya. Informasi genetiknya itu dua ekor tapi informasi genetik karena kekurangan nutrisi sehingga yang satu tumbuh yang satu terkalahkan biasanya," jelas Bram.

Lembu berkepala dua ini memiliki kekurangan soal daya tahan pada tubuhnya. Itu dikarenakan ada informasi genetik yang tidak lengkap sehingga berpengaruh pada daya tahan dan umur Lembu.

"Karena tidak lengkap biasanya ada beberapa mati dini. Bahkan ada yg sempat tidak lahir karena informasinya itu nggak lengkap, daya tahan tubuhnya nggak bagus," katanya. (Nunk/PR)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama