Wakil Walikota Siantar dan Kacab BRI Saksikan Peluncuran Bantuan Modal Usaha Mikro Secara Virtual


MenaraToday.Com – Pematangsiantar :

Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM bersama Kepala Cabang Bank Rakyat Indonesia  Pematangsiantar Gystsario Harsantyo Darismawan menyaksikan secara virtual Presiden Joko Widodo  meluncurkan bantuan modal kerja untuk pelaku usaha mikro di aula Gedung BRI Lantai III Jalan Merdeka Pematangsiantar, Senin (24/8/2020).

Program yang diberi nama Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro ini, merupakan upaya membantu usaha mikro agar lebih produktif dalam berupaya pulih serta bangkit akibat terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan dalam peluncuran Banpres Produktif di Istana Negara Presiden Joko Widodo  menegaskan BanPres tersebut merupakan program tambahan yang diberikan kepada para pelaku usaha mikro. Diharapkan dana BanPres dapat digunakan sebagai tambahan modal kerja pelaku usaha mikro.

“Selama empat bulan ini, pemerintah telah meluncurkan berbagai skema insentif untuk usaha mikro kecil. mulai subsidi bunga, insentif pajak untuk Usaha Mikro Kecil Menengah, kredit modal kerja, dan penempatan dana di perbankan untuk UMKM. Oleh sebab itu, hari ini kita tambah lagi untuk para pelaku usaha mikro kecil. Program diberi nama Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro, yaitu untuk tambahan modal kerja bagi usaha mikro dan kecil," ujar Presiden Jokowi melalui virtual yang disaksikan Wakil Wali Kota Pematangsiantar dan Kacab BRI Pematangsiantar.

Jokowi kembali menegaskan, BanPres produktif merupakan hibah yang diberikan pemerintah kepada para pelaku usaha mikro kecil.

"Bukan kredit, tapi hibah, dan saya mengharapkan, nantinya BanPres produktif ini dapat digunakan benar-benar untuk tambahan modal kerja. Setidaknya, para pelaku usaha bisa menggunakan dana BanPres tersebut untu menambah barang dagangan," ujar Jokowi.

Untuk hari ini, lanjut Jokowi, tahap awal dana BanPres produktif diberikan kepada satu juta pelaku usaha mikro kecil, masing-masing mendapatkan Rp2,4 juta. Dan saya berharap 12 juta pelaku usaha mikro kecil bisa mendapatkan BanPres ini pada akhir September 2020.

"Sekali lagi, bantuan ini nanti dananya akan langsung ditransfer ke bapak ibu sekalian, tidak melalui pihak lain, tapi langsung ke rekening bapak ibu sekalian. Saya minta bapak ibu yang hadir di Istana maupun yang hadir secara virtual, apakah bapak ibu sudah pegang buku tabungannya? Ya, nanti tolong dicek ke rekening masing-masing sudah tertransfer belum hari ini atau paling lambat besok dilihat," terang Jokowi.

Sebelum menyerahkan buku tabungannya kepada pelaku usaha, Wakil Walikota Togar Sitorus meminta dana BanPres Produktif untuk Usaha Mikro tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya dalam membantu usaha para pelaku usaha mikro kecil.

 

"Jangan dipakai untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, yang konsumtif, tapi dipakai untuk hal-hal yang produktif, dan jangan lupa dalam membuka usaha dan berdagang, tolong perhatikan betul serta patuhi protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak penjual dengan pembeli, sering cuci tangan, hindari kerumunan, seperti yang disampaikan Presiden Jokowi” ujarnya. (Al/Red)

 

 

 

Turut hadir, Asisten III Pemerintah Kabupaten Simalungun serta mewakili Kadis Koperasi.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama