Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Bawaslu dan Satpol-PP Dharmasraya Tertibkan 500 Lebih Alat Peraga Sosialisasi


 


 MenaraToday.com - DHARMASRAYA:

Memasuki hari ketiga masa kampanye Pilkada Serentak 2020, sebanyak 500 lebih alat peraga sosialisasi (APS) milik sejumlah tokoh politik yang terpasang disepanjang jalan Lintas Sumatera ditertibkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat pada Senin (28/9).

"Alat peraga tersebut bukan termasuk alat peraga kampanye pasangan calon dan materi citra diri serta dipasang belum merujuk pada regulasi zonasi dan ketentuan lain yang mengatur sistem kampanye bagi  pasangan calon, " ujar Ketua Bawaslu, Syamsurizal didampingi Sekretaris Bawaslu, Redha kepada awak media di Kantor Bawaslu Dharmasraya pada Senin, (28/9).

Menurutnya, penertiban itu merupakan upaya untuk menegaskan kepada masyarakat nantinya terkait pasangan calon yang akan berkompetisi pada pilkada kali ini. 




"Yang ditertibkan ini, terkait pemasangan alat peraga yang menyalahi aturan, seperti dipasang di pohon, pinggir jalan umum dan desainnya belum mendapatkan pengesahan dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat," ungkapnya

Sementara, lanjutnya, untuk pemasangan alat peraga kampanye di posko-posko pemenangan pasangan calon, ia menegaskan hingga saat ini tidak ada aturan yang melarang, baik dari segi desain, ukuran maupun jumlahnya. 

Ia menjelaskan, pada kegiatan penerbitan itu disamping melibatkan petugas Satpol-PP setempat, juga didampingi oleh petugas kepolisian dari jajaran Polres Dharmasraya, dan akan dilaksanakan selama dua hari dan pada hari pertama ini sudah ditertibkan sedikitnya 500 lembar alat sosialisasi yang terpasang di sepanjang jalan lintas Sumatera. 

"Untuk wilayah lainnya, akan ditertibkan oleh masing-masing Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) hingga ke 52 nagari yang ada, " Jelasnya. 

Ia mengimbau kepada seluruh pasangan calon dan seluruh unsur partai pengusul dan pendukung agar tetap mematuhi regulasi tentang tata cara berkampanye. 

"Dengan demikian, komitmen bersama untuk melaksanakan seluruh tahapan pilkada secara berintegritas, damai, sejuk dan menjunjung tinggi semangat demokrasi, bisa terlaksana baik di Kabupaten Dharmasraya,"pungkasnya. (gus)

Teks foto: Petugas gabungan saat melakukan penertiban sejumlah alat peraga sosialisasi di sepanjang jalan lintas Sumatera, Senin (28/9).

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !