Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Pemkab dan Warga Hibahkan Aset Milyaran Rupiah Untuk Kampus III Unand Dharmasraya.

Keterangan Gambar : H. Munir dan Sutan Riska menyerahkan dokumen hibah tanah seluar 2,6 hektar kepada Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri di Komplek Kampus III Unand Dharmasraya (Foto : Gun)

MenaraToday.Com – Dharmasraya :

Dunia pendidikan tinggi di Kabupaten Ranah Cati Nan Tigo terus mendapatkan prioritas utama dari Pemerintah kabupaten Dharmasraya dan warganya. Pasalnya, setelah Pemkab Dharmasraya melalui Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghibahkan aset tetap senilai Rp 9,48 miliar kepada Kampus III Universitas Andalas (UNAND) pada 16 Oktober 2019 lalu. Kali ini, Kampus III Unand kembali mendapatkan dukungan dari warga Dharmasraya, H. Munir yang menghibahkan tanahnya seluas 2,6 Hektar, Rabu (23/9/2020).

Penyerahan hibah tanah tersebut telah resmi ditandatangani, Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH, H. Munir dan disaksikan oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan di Gedung Kampus III Unand Dharmasraya, Sumatra Barat.

"Kita merasa bersyukur dalam proses pembangunan Kampus III Unand di Dharmasraya. Ada bapak Haji Munir yang secara ikhlas menghibahkan tanahnya seluas 2,6 hektar untuk mendukung pengembangan kampus ini. Mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah bagi beliau hendaknya," ujar Sutan Riska, disela sela kegiatan tersebut

Bupati menambahkan, pada 16 Oktober 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga telah menghibahkan aset tetap senilai Rp 9,48 miliar kepada Kampus III Unand, yang terdiri dari tanah, peralatan mesin, bangunan gedung, jaringan irigasi dan jalan. Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga memberikan porsi anggaran setiap tahunnya untuk mendukung biaya operasional proses belajar mengajar, yang besarannya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Lebih lanjut Sutan Riska menyebutkan dengan adanya hal ini membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Dharmasraya beserta segenap masyarakat sangat peduli kepada dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi di wilayah Kabupaten Dharmasraya.

"Harapan kami, kiranya aset-aset yang telah dihibahkan tersebut dapat dimanfaatkan dan dipelihara untuk menunjang kegiatan operasional pendidikan di Kampus III Unand. Serta menjadikannya sebagai motivasi bagi Kampus III Unand untuk mengembangkan program studi lainnya," ujar Sutan Riska.

Sementara itu, Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Sutan Riska dan kepada H. Munir yang telah begitu peduli terhadap pengembangan Kampus III Unand, dalam rangka peningkatan SDM di Dharmasraya. Menurutnya, dengan potensi daerah yang dimiliki Dharmasraya, serta dengan berbagai program pembangunan yang terus berjalan, memang menuntut peningkatan SDM.

"Kita akan segera upayakan penambahan prodi di Kampus III Unand, untuk bidang ekonomi dan hukum. Sekarang ini kami telah membentuk tim untuk pengembangan Kampus II di Payakumbuh dan Kampus III di Dharmasraya. Sehingga rencana pengembangan bisa terlaksana dengan baik," jelasnya

Sebelumnya, Rektor Unand kala itu, Prof. Tafdil Husni saat menerima hibah dari pemkab Dharmasraya pada 16 Oktober 2019 lalu, mengapresiasi komitmen Pemkab Dharmasraya untuk kemajuan pendidikan melalui wadah Kampus Universitas Andalas.

“Bupati Dharmasraya telah merespon harapan dan keinginan kami. Terima kasih kami ucapkan, sudah memberikan dukungan terhadap keberadaan kampus III Unand di Dharmasraya. Semoga kampus ini ke depan semakin maju dan memberikan kontribusi besar dalam pembangunan SDM di daerah ini,” katanya

Menurutnya, karena bantuan Pemkab, Kampus III secara bertahap menjadi lebih baik. Seperti halnya yang ada dalam MoU, akan lebih memfokuskan segala bidang, baik itu kebudayaan, karena Dharmasraya kaya akan Budaya, kemudian lebih mengembangkan kerjasama sektor pertanian. (gus)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !