Umumkan Jumlah DPS, KPU Dharmasraya Himbau Masyarakat Pastikan Terdaftar Sebagai Pemilih Pilkada Serentak 2020



MenaraToday.com - Dharmasraya :

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dharmasraya, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada Serentak 2020. Hal ini dilakukan mengingat masih adanya masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih pada pilkada serentak 2020 mendatang.

"Kami telah mengumumkan dokumen Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang juga telah ditempelkan secara masif di seluruh kantor Wali Nagari dan Kantor Kecamatan serta beberapa tempat umum lainnya, " Kata Ketua KPU setempat, Maradis kepada awak media, Sabtu (19/9). 

Selain itu, lanjutnya, masyarakat juga bisa melakukan pengecekan secara daring di situs www.lindungihakpilihmu.go.id.

Jika belum terdata, lanjutnya, masyarakat bisa mengisi lembaran A1-KWK yang merupakan formulir tanggapan masyarakat terkait usulan perubahan dan penambahan data pemilih sebagai upaya pembaharuan dari DPS dan akan ditetapkan melalui pleno mulai dari tingkat nagari dan kecamatan. 

"Perubahan dan penambahan tersebut akan dituangkan dalam DPSHP untuk setiap tingkatan dan terakhir akan ditetapkan sebagai dokumen Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dijadwalkan akan ditetapkan pada 28 September 2020," Jelasnya. 

Sementara itu, Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, France Putra menyebutkan jumlah DPS secara keseluruhan sebanyak 144.729 pemilih "Jumlah pemilih laki-laki 72.373 pemilih, pemilih perempuan 72.356 dan tersebar di 52 Nagari/Desa dengan jumlah TPS sebanyak 529 TPS.

Sebelumnya, Setidaknya sekitar 4.991 jiwa yang tercatat sebagai pemilik KTP Elektronik di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, diketahui belum terdata sebagai pemilih pada ajang Pilkada Serentak 2020.

Pantauan MenaraToday.com, berdasarkan data kepemilikan KTP Elektronik oleh pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, hingga 31 Agustus 2020 tercatat sebanyak 149.720 jiwa sudah terdata dari total wajib KTP Elektronik sebanyak 150.127 jiwa.

Sementara, pada Data Pemilih Sementara (DPS) hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dharmasraya yang diselenggarakan, Selasa (08/09), jumlah pemilih berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) daerah itu, tercatat sebanyak 144.729 pemilih pada Pilkada Serentak 2020.

Teks Foto : Ketua KPU Dharmasraya, Maradis didampingi Komisioner KPU, Adriadi, Doni Kartago, France Putra dan Sekretaris KPU, Yendrizal Efendi saat Jumpa Pers Terkait Pengumuman Jumlah DPS Pilkada Dharmasraya 2020.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama