Ilyas Bersama Penerbit Nasional dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Serahkan 800 Eks Buku di TMB Khasanah

MenaraToday.Com – Batu Bara :

Dalam rangka mengembakan minat baca bagi warga yang merupakan salah satu pesan Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir MAP kepada seluruh OPD, termasuk melalui kelompok literasi maupun TBM  yang dibentuk masyarakat, kita menyerahkan 80 eks buku untuk TMB Khasanah Bandar Rahmad.

Hal tersebut diungkapkan Bupati yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara di Taman Baca Khasanah Desa Bandar Rahmad.

“Kita berharap keberadaan TBM Khasanah ini dapat merangsang anak-anak tepian pantai Desa Bandar Rahmad agar gemar membaca dan memiliki daya fikir dan keingintahuan yang tinggi. Semua itu diperoleh melalui melalui literasi membaca. Mendekatkan buku pada anak sehingga anak lebih tertarik untuk membacanya” ujar Ilyas Sitorus saat menyerahkan bantuan buku yang digalangnya bersama penerbit nasional dan perpustakaan Sumatera Utara di ruang TBM Khaanah Bandar Rahmad, Jumat (23/10/2020) petang kemarin.

Kadis Pendidikan yang akrab disapa Ncekli ini menambahkan bahwa kedatangannya untuk kedua kali ke TBM ini merupakan pemenuhan janjinya yang datang bersama rekan-rekan penerbit Nasional seperti Tiga Serangikai, Inran Pariwara, Grafindo, Erlangga, Masmedia dan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara yang juga ikut memberikan semangat kepada anak-anak di tepian pantai.

“ Kita berharap dengan adanya bantuan buku sebanyak 200 eksemplar ditambah dari penerbit sehingga berjumlah 800 an eksemplar yang diberikan khusus kepada TBM Khasanah ini” ujar Ilyas

Ilyas menyebutkan bahwa membaca sangat penting dalam kehidupan masyarakat terutama pada anak, mengingat lajunya perkembangan zaman yang semakin kompleks, sehingga kemampuan membaca menjadi tuntutan. Salah satunya upaya dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yakni dengan mendorong tumbuhnya minat baca masyarakat yang dimulai dari usia anak-anak. Oleh karena itu saya berharap dengan keberadaan koleksi buku referensi ini semoga dapat menjadi magnet sehingga menambah minat baca anak-anak kami dan kepada adik-adik pengasuh TBM ini, saya bepersan biarkan buku rusah dibaca atau dipakai anak-anak ketimbang rusak karena disimpan dimakan serangga.

Sementara itu Kasi Pembudayaan Gemar Membaca Perpustakaan dan Arsip Pemprovsi, Erikson Pakpahan menyebutkan bahwa kehadinnya hari ini berbagi dan memberikan dukungan kepada anak-anak agar dapat memanfaatkan keberadaan TBM.

Kami akan datang bulan depan ke tempat ini lagi bersama kawan-kawan dari Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara untuk bergembira bersama anak-anak kami dalam meningkatkan Literasi. Kami akan datang bersama pendongeng Medan untuk berbagi cerita bersama anak-anak kami sekaligus membawa oleh-oleh khusus buat anak-anak kami. Oleh karenanya tetap semangat selalulah bersama buku untuk memperkuat literasi anak-anakku himbau Erikson

Kabid Layanan dan Teknologi Informasi Disperpusdasu, Elyhayati menegaskan apa yang disampaikan oleh Erikson yakni membuat kegiatan bermasa anak-anak yang bernama Story Telling atau bercerita

yaitu akan membuat kegiatan bermasa anak-anakku di tempat ini yang bernama Story' Tellin/mendongeng untuk anak-anak

Perwakilan penerbit Dedi dari Intan Pariwara merasa bangga dan senang dengan program kebersamaan ini.

“Kami sangat bangga dan senang dengan program ini dan kami bisa membantu adek-adek di Tepian Pantai ini  bersama kawan-kawan seprofesi. Sungguh luar biasa idenya Pak Kadis Pendidikan Batu Bara sengaja mengundang kami di kediaman beliau di Komplek Perumahan Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka. Terimakasih sudah mengajak kami bersama-sama dalam program mendekatkan buku kepada anak untuk meningkatkan literasi. Semoga yang kami berikan berupa buku-buku koleksi ini bisa dimanfaatkan guna peningkatan literasi adek-adek semua harap Dedi.

Pengelola TMB, Khasanah menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya dengan penuh haru saat dimintai tanggapannya atas bantuan buku dan kehadiran tamu yang begitu ramai. Terimakasih (Dwi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama