-->
Call Center0821-6669-1169
Admin IT0821-6787-4402

LPPM Unimed Gelar Pendampingan Pelatihan Cybercounseling



MenaraToday.Com – Medan :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) mengadakan Pendampingan Pelatihan Cybercounseling untuk mengatasi kejenuhan belajar bagi siswa di SMP Negeri 1 Patumbak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk guru Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 1 Patumbak di  Jalan Perjuangan III, Dusun 4 Sigara Gara, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kegiatan Pendampingan Cybercounseling ini merupakan yang kedua, untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengaplikasikan konseling individual dan layanan bimbingan klasikal secara virtual di masa pandemi.

Wakil Kepala SMP Negeri 1 Patumbak Bidang Kurikulum, Dina Haloho, S.Pd mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat, didukung penuh oleh sekolah dan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Menurut Dina, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan tiga kali di SMP Negeri 1 Patumbak  yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa.

Sebelumnya telah dilakukan juga Pelatihan Cybercounseling yang pertama untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap penggunaan aplikasi whatsapp dan zoom meeting sebagai sarana melakukan konseling online. 

Selain itu juga menghadirkan Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd sebagai Pendamping LPPM serta 3 orang mahasiswa Septian Dwi Pamungkas, Salsabila Nasution dan Sulistya sebagai fasilitator dalam pelaksanaan kegiatan.

Sementara itu, Ketua Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Dra. Rahmulyani M.Pd., Kons menjelaskan, cybercounseling merupakan alternatif bagi guru Bimbingan dan Konseling untuk melaksanakan konseling bagi siswa yang mengalami kejenuhan belajar dari rumah.

Untuk mencapai tujuan cybercounseling dalam penerapan konseling secara online maka dilatih keterampilan membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) secara online, membuat materi yang dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa dari rumah, membuat buku saku panduan cybercounseling dan mengoptimalisasi penggunaan Whatsapp dan Zoom meeting sebagai wadah cybercounseling.

Oleh karena itu, menurut Dra. Rahmulyani, M.Pd, Pendampingan pelatihan ini akan ditindaklanjuti dengan melaksanakan kegiatan yang lebih besar yang diikuti oleh berbagai guru bimbingan dan konseling (BK) dari beberapa sekolah yang tergabung pada Musyawarah Bimbingan dan Konseling (MGBK) Kabupaten Deli Serdang untuk meningkatkan kompetensi professi8onal guru BK melakukan konseling secara virtual.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber yang sangat kompeten dibidangnya yaitu, Dra. Rahmulyani, M.Pd., Kons, Dr. Zuraida Lubis, M.Pd., Kons, dan Nindya Ayu Pristanti, M.Pd dari Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed. (Dwi)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !