-->
Call Center0821-6669-1169
Admin IT0821-6787-4402

Cegah Bahan Berbahaya Pada Pangan, Loka POM Tanjungbalai Gelar Sosialisasi di Pasar Tradisional Asahan.

MenaraToday.Com - Tanjungbalai :

Dalam rangka keamanan pangan dan mencegah bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, Loka POM di Kota Tanjungbalai gencar lakukan sosialisasi di Pasar Tradisional, tepatnya di Pasar Bhakti dan Pasar Inpres II, Kisaran, Kabupaten Asahan, pada hari Rabu dan Kamis (tanggal 18-19 November 2020).


Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Loka POM di Kota Tanjungbalai, Denny S. Purba, S.Si., Apt. Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan, yang diwakilkan oleh Kepala Seksi Pengawasan Produk Pangan, Serepina Purba dan Kepala Seksi Sarana Prasarana Pasar, Beljoseph Bangun.

Petugas Loka POM membagikan media informasi berupa leaflet yang berisi informasi mengenai obat dan makanan sembari memberikan sosialiasi terkait keamanan pangan dan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, seperti Formalin, Boraks, Methanil Yellow, dan Rhodamin B.

 Di samping itu, petugas juga mengimbau masyarakat agar senantiasa melakukan Cek KLIK, yaitu Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluarsa sebelum membeli produk obat dan makanan. Sampling dan pengujian cepat (rapid test) turut dilakukan terhadap 9 sampel pangan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya, seperti tahu, bakso, mie kuning, kwetiau, cendol, dan cincau. 

 Pengujian dilakukan terhadap 4 parameter uji, antara lain Formalin, Boraks, Methanil Yellow, dan Rhodamin B. Dari total 9 sampel pangan yang diuji, tidak terdapat pangan yang positif mengandung bahan berbahaya. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sebelum dilakukan sosialisasi staff Loka POM di Kota Tanjungbalai juga membagikan masker dan handsanitizer kepada para pengunjung yang datang ke stand pameran. 

 Kepala Loka POM di Kota Tanjungbalai juga menghimbau agar pedagang dan pengunjung pasar senantiasa melaksanakan 3M (Menjaga jarak, Memakai Masker, dan Mencucui Tangan). 

 Harapannya setelah kegiatan ini, semakin banyak masyarakat yang mengetahui tentang bahan berbahaya pada produk obat dan makanan dan melakukan Cek KLIK sebelum membeli produk obat dan makanan.

Terpisah hal tersebut salah seorang masyarakat Yeni (45) mengatakan sangat berterima kasih dan senang atas kehadiran Loka POM Kota Tanjungbalai melakukan sosialisasi dalam rangka keamanan pangan dan mencegah bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada Loka POM Tanjungbalai yang telah mensosialisasikan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan serta cara memilih pangan yang aman. Harapan saya semoga Loka Pom Kota Tanjungbalai terus maju, jaya dan selalu menjadi  kebanggaan masyarakat," tutupnya (Gani)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !