-->
Call Center0821-6669-1169
Admin IT0821-6787-4402

KSOP Kelas II Pontianak Dituding Lakukan Pungli

Kepala KSOP : "Tudingan Pungli Itu Tidak Benar, kita Akan Laporkan Pencemaran Nama Baik

MenaraToday.Com - Pontianak :

Pasca diamankanya Empat buah kapal yang beroperasi di perairan sungai Kapuas Pontianak dan sekitarnya yang ternyata menggunakan dokumen kapal yang yang tidak sesuai ketentuan dalam UU No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, seperti  dokumen Surat Persetujan Berlayar (SPB), Surat Olah Gerak (SOG) dan Surat Ukur  Kapal dibuat bukan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) melainkan dari instansi lain. 

Sesama Aparatur Nrgara seharusnya bergandengan tangan dan saling mendukung sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Karena harus bersinergi saling melengkapi disisi lain meluruskan regulasi yang berlaku agar tidak terjadi tumpang tindih didalam pelaksanaan dilapangan sehingga akan merugikan pengguna jasa: ujar kepala Kantor Ksop kelas II Pontianak, Totok kepada awak media. 

Terkait pemberitaan dari salah satu media lokal, bahwa ada pihak pelayaran menyatakan di perlakukan pungutan liar sebesar 60 juta dan dipaksa mengurusan dokumen kapal serta tongkang ke Kantor KSOP kelas II Pontianak oleh oknum petugas KSOP Pontianak.

Hal tersebut membuat berang Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan  (KSOP) Kelas II Pontianak, Totok, saat di konfirmasi melalui Ponsel nya Minggu, (8/11/2020). dia membantah tudingan itu.

"Hal itu tidak benar dan hanya pemberitaan sepihak saja, kita tidak pernah melakukan pungli seperti tudingan pemilik kapal bahwa ada melakukan perampasan dokumen surat-surat kapal TB JOVA JOYA 2 dan TK BRUNEI oleh oknum KSOP Pontianak,"jelasnya.

Menurut Totok, tudingan itu muncul setelah pihak KSOP melakukan penertiban sosialisasi dan edukasi dilapangan bekerjasama dengan Pangkalan  KPLP kelas satu tanjung priok.

"Saya merasa terkejut setelah operasi itu dijalankan tiba-tiba muncul pemberitaan yang menuduh kami melakukan perampasan dokumen dan pungli, yang benar adalah kita menertibkan kapal dan tongkang mempergunakan dokumen yang salah prosedur pembuatannya, Sangat disayangkan kenapa media melakukan pemberitaan tidak konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak KSOP," lanjut Totok geram.

Totok menegaskan,"saya selaku kepala Kantor KSOP kelas II Pontianak tidak bisa menerima tudingan dari pihak pelayaran atau agen tersebut dan kami akan melapor balik mereka terkait pencemaran nama baik, dan kita memang tidak kenal dengan siapa pemilik kapal TB JOVA JOYA 2 dan TK BRUNEI itu, jika memang ada fakta dan pembuktian anggota kami melakukan pungli serta pemerasan maka saya tidak segan menindak tegas dengan aturan Hukum yang berlaku,"tegas Totok (GUN)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !