Pjs. Bupati Sergai Pimpin Apel Tanggap Bencana di Mapolres Sergai

MenaraToday.Com - Sergai :

Pjs Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir H Irman pimpin Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Tahun 2020 bertempat Halaman Mapolres Serdang Bedagai, di Sei Rampah, Senin (9/11/2020)sekitar Pukul : 09.00 WIB s/d selesai. 

Dalam apel ini bertindak sebagai Irup, Pjs Bupati Sergai Ir H Irman, M.Si, Perwira Apel Kompol T. Manurung, dan Komandan Apel AKP Candra Tua Situmorang. 

Turut hadir, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, Forkompinda plus, Asisten, Kepala OPD, Camat, unsur TNI/Polri, Satpol-PP, BPBD, ASN, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, serta para undangan. 

Pjs Bupati Sergai Ir H Irman, M.Si dalam amanatnya mengawali sambutan ini, marilah kita sampaikan puji dan syukur ke hadirat Allah subhanahu wa ta'ala gimana pada hari ini kita dapat menghadiri dan melaksanakan apel di tempat yang berbahagia ini. 

Menurut UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, terdapat 3 dimensi waktu terkait bencana alam yaitu yang pertama, masa sebelum terjadi bencana alam yang selalu disebut dengan siaga bencana saat ini hampir selalu secara serentak terjadi di seluruh tanah air termasuk di Kabupaten. 

"Sebagaimana diketahui pada umumnya menjelang akhir tahun volume curah hujan akan terus meningkat yang tentunya berpotensi terjadinya berbagai bencana antara lain banjir angin puting beliung yang dapat mengganggu dan membahayakan aktivitas kehidupan masyarakat dan makhluk hidup lainnya,"papar Pjs Bupati. 

Dilanjutkan Irman, bencana alam tidak dapat dihentikan, namun pengurangan risiko bencana dapat dilakukan dengan berbagai upaya dan langkah-langkah salah satunya adalah dengan kegiatan gotong royong dan pembersihan lingkungan. Dimensi kedua yaitu terjadinya bencana yang disebut dengan darurat bencana. Pada tahapan ini semua pihak diharapkan berperan aktif dan tangguh saling bahu-membahu antara pemerintah dunia usaha dan seluruh masyarakat. 

Menurut BMKG sejak Januari sampai akhir Oktober 2020 telah terjadi lebih dari 2.000 bencana alam di tanah air termasuk di daerah kita ini. Data yang ada di BPBD sendiri, telah terjadi 17 bencana alam puting beliung yang puncaknya terjadi pada bulan Mei beberapa waktu yang lalu, kemudian juga adanya bencana banjir pada beberapa tempat. Dimensi ketiga yaitu pasca bencana atau setelah bencana alam. Pada tahap inilah dilakukan pemilihan terhadap korban bencana alam, ujarnya. 

Bersama kita, sebut Pjs Bupati, ketahui saat ini di dunia termasuk di negara kita ini mengalami bencana alam yaitu Covid-19 kita berharap Covid-19 ini dapat segera berakhir dan di Sergai walaupun kondisinya masih membaik, namun perlu perhatian dan kesungguhan dari kita semua. 

Mari tetap berkomitmen untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan di tempat air yang mengalir. Komitmen yang kita laksanakan pada hari ini adalah bagian dari komitmen kebersamaan seluruh jajaran yang ada di Pemkab Sergai bersama unsur Polri, TNI serta unsur terkait lainnya,"imbuhnya. 

Masih kata Irman, pada hari ini kita beserta tokoh pemuda serta didukung oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama berkomitmen tegas untuk benar-benar menjaga kondisi lingkungan yang baik agar diminimalisir dampak dampak bencana yang kita hadapi di Kabupaten yang kita cintai ini. 

Semoga dengan upaya sinergitas serta doa kita semua maka bencana dapat kita hindari di daerah kita ini, pungkasnya. (Irlan S/Efrizal)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama