-->
Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Puluhan Warga Jatim Raih Anugerah Kehormatan Keraton Surakarta Hadiningrat

MenaraToday.Com - Malang :

Puluhan Masyarakat jawa timur menerima Kekancingan atau Penganugerahan Gelar Keraton Surakarta Hadiningrat  yang berlangsung di Hotel Megawati Malang. Jumat Siang (30/10).

"Ini merupakan kegiatan yang sangat mendukung pelestarian budaya dan menjaga kesadaran bela negara dalam menjaga keutuhan NKRI", ungkap Letjend (purn) Umar Abdul Azis. 

Adapun yang mendapat kekancingan atau penganugerahan kehormatan tersebut berjumlah 92 orang, 80% berasal dari malang raya,  yang 20% berasal dari daerah lain seperti beberapa orang dari Probolinggo, 5 orang dari surabaya, 3 orang dari Sidoarjo, dan 5 orang dari gresik daratan,  dan 1 orang dari pulau Bawean.

Selepas pemberian kekancingan atau penganugerahan kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, juga dilakukan Pengukuhan Pengurus Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Surakarta Hadiningrat untuk wilayah Malang Raya.

Adalah KRT. Muhammad Nuh Setyonagoro,  SH., MH. yang menerima amanah menjadi Pangarsa (Ketua) LDA Malang Raya, dan Letjen TNI (Pur) KRAT H. Umar Abdul Aziz Reksodiningrat,  S. Sos, SH, M. Hum. ditunjuk sebagai Paranpara (Penasehat).

Adapun pesan dari GRA Wandasari adalah, " Dengan menerima gelar ini maka wajib bagi kita menjaga budaya nusantara di Jawa, saya mewakili Keraton Surakarta Hadiningrat menitipkan agar budaya jawa untuk di uri-uri", katanya. 

Penyerahan itu secara langsung di berikan oleh keluarga Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Gusti Raden Ayu Wandansari yang akrab dengan panggilan Gusti Mung. Sedangkan yang mengalungkan pita kehormatan adalah Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, KPH Eddy Wirabhumi.

Juga tidak ketinggalan penasehat budaya keraton yaitu Letjen TNI (Pur) KRAT H. Umar Abdul Aziz Reksodiningrat,  S. Sos, SH, M. Hum. dan beberapa profesor dari lembaga akademis. 

"Adalah hukumnya wajib kita menguri-uri budaya Nusantara khususnya Jawa, tidak ada hanya itu kita harus menggali potensi sejarah dan situs sejarah, untuk dijaga dan dilestarikan, guna diwariskan anak cucu ", jelas Nuh selaku Ketua LDA Malang Raya.

Pada giat tersebut juga hadir para keluarga keraton dan tamu undang baik dari Forkopimda se-Malang Raya dan undangan dari berbagai kota. (John)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !