Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Apresiasi UMKM Dalam Mendukung Berlangsungnya Kegiatan PMM Edukasi Terhadap Peserta Didik Di Era New Normal

Oleh : Aisyah Firanda Aprillia.

 Mahasiawi Universitas Muhammadiyah Malang

Salah satu UMKM yang berada di desa Beji yaitu UMKM dalam bentuk usaha menyediakan jasa pembuatan banner, print, brosur dan lain sebagainya, turut membantu dalam berlangsungnya kegiatan PMM Edukasi di Desa Beji ini. 

UMKM tersebut turut membantu dalam hal pembuatan banner dan selebaran brosur guna untuk berlangsunya kegiatan. UMKM tersebut merupakan usaha jasa rumahan yang dekat dengan lokasi tempat mahasiswa PMM melaksanakan program PMM. 

Ketika para mahasiswa sedang membuat banner guna untuk memberitahu kepada peserta didik begitu pula dengan orangtua mengenai apa kegiatan yang akan dilaksanakan pada kegiatan tersebut, dalam pemrosesan pembuatan banner, mahasiswa PMM juga dibantu oleh pemilik UMKM agar desain banner yang telah dibuat tidak pecah dan ketika dijadikan banner hasilnya masih sangat bagus. Hal tersebut sangatlah membantu bagi pelaksanaan kegiatan PMM ini karena sedikit kerisauan dari kelompok PMM terkait dengan dimana bisa membuat banner yang sesuai dan dipastikan gambarnya tidak pecah bisa terselesaikan.  

Dengan diberikan bantuan seperti hal tersebut maka tentunya kelompok PMM 70 ini tidak hanya serta merta menerima tanpa memberikan simbiosis mutualisme yang mana saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. 

Jadi disini kelompok PMM juga membantu dalam hal memberikan bantuan promosi dalam penjualan dengan menggunakan platform media sosial seperti whatsapp, dan instagram. Disini kelompok 73 sangat berterima kasih karena telah dibantu, sekaligus bantuan tersebut juga dapat meringankan dana yang telah dikeluarkan oleh kelompok PMM 73. 

Tujuan dari pembuatan banner pada kegiatan ini yaitu antara lain, agar masyarakat dan peserta didik yang kana ke rumah belajar dapat mengerti kegiatan apa yang sedang dilakukan, dan dari keterangan yang terdapat dalam banner tersebut, akan diketahui mengenai kira-kira rencana apa saja yang akan dilakukan, apakah bermanfaat ataupun tidak dapat juga diketahui dari tulisan keterangan yang terdapat di dalam banner tersebut. Didalam banner kelompok PMM 73 juga sudah menyertakan asal Universitas dan lambang PMM sebagai lambang kegiatan yang sedang berlangusng.

Didalam banner yang telah dibuat juga terdapat logo PMM kelompok 73 yang mana bergambar rumah, disini filosofi dari rumah tersebut yaitu rumah sebagai tempat singgah yang juga merupakan rumah kedua bagi para peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran di rumah pintar Desa Beji jadi dapat diartikan sebagai tempat untuk saling melindungi dan bekerja sama untuk kedepannya. Jadi keterangan yang terdapat didalam banner sudah sangatlah jelas dan sesuai dengan kegiatan yang akan kelompok 73 laksanakan. 

Maka dari itu disini kelompok 73 sangat mengapresiasi segala bentuk bantuan yang diberikan termasuk dalam bantuan percetakan banner tersebut yang sangat membantu meringankan kerisauan mahasiswa PMM kelompok 73.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau disingkat PMM merupakan suatu kegiatan penganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang berada dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Agustin Dwi Haryanti., SE., M.SA., Ak., CA (**)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !