Antisipasi Bencana Alam, Korem 121/ABW Laksanakan Gelar Pasukan PPRCPB

MenaraToday.com - Sintang :

Untuk mengantisipasi bencana alam di wilayah Sintang, Korem 121/Abw menggelar apel kesiapsiagaan dan gelar perlengkapan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PPRCPB) Korem 121/Abw,  di lapangan Korem 121/Abw jln Pangeran Kuning no 1 Sintang, Kamis, (25/2/2021)

Pelaksanaan Apel yang dipimpin langsunh Kasrem 121/Abw Kolonel Kav Aloysius Nugroho Santoso, S.E. M.M  menindak lanjuti Pengarahan Presiden RI pada Rakor pencegahan Karhutla dan pada saat Rapim TNI - Polri beberapa hari yang lalu. 

Dalam sambutannya Danrem 121/Abw yang dibacakan oleh Kasrem 121/Abw saat mengambil apel mengatakan," tujuan dilaksanakannya apel kesiap siagaan PRCPB untuk mengantisipasi bencana yang akan timbul khusus nya diwilayah Kalbar, karena saat memasuki musim kemarau.

Dengan adanya PPRCPB maka di harapkan anggota setiap saat cepat dan tanggap dalam penanggulangan bencana ini, dan sebagai jawaban kesiapan kita bahwa kita siap mengatasi bencana baik itu bencana banjir, karhutla, serta bencana lainnya, Kita harus siap melaksanakan aksi dalam program PPRCPB ini, walaupun dengan keterbatasan  sarana prasarana kita harus siap" ujarnya.

Sebagai langkah awal penanggulangan Karhutla, kita selalu koordinasi dengan instansi terkait,  melakukan sosialisasi pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah, melakukan himbauan kepada masyarakat terutama membuka lahan tanpa bakar. Hal ini penting harus dilakukan,

Lebih lanjut Danrem  memerintahkan jajaran agar memetakan daerah yang rawan terjadinya bencana alam terutama Karhutla yang setiap tahun kita hadapi, selalu lakukan koordinasi dengan pihak terkait, dalam penanganan, 

Lakukan pencegahan dengan malakukan Sosialisasi, memasang baner di setiap wilayah terlebih dititik-titik yang sudah dipetakan yang setiap tahun berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Mari kita tingkatkan Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri, BPBD, Manggala Agni, Damkar dan instansi terkait untuk bersama-sama melakukan kegiatan sosialisasi dan memberikan himbauan," pungkas Danrem.

Adapun peserta apel, pasukan dari Makorem 121/Abw, Kodim 121/Stg, Polres Sintang, Damkar, BPBD, Manggala Agni, Dinkes kab. Sintang.(Penrem 121/Abw/Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama