Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Dandim 0314/Inhil Tekankan Danramil dan Babinsanya Rubah Mind Set Warga dalam Mengelola Lahan



Menaratoday.com,TEMBILAHAN,Dandim 0314/Inhil kembali mengajak masyarakat dengan tidak membakar lahan di tengah datangnya musim kemarau dan agar tidak terjadi titik api (hotspot) di kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rabu, (24/02/2021).


Saat dikonfirmasi disela- sela kesibukan Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faisal mengatakan memasuki musim kemarau, agar masyarakat saat ini tidak membuka lahan dengan dibakar, sebut Dandim saat ditemui awak media di lapangan tembak Bukit Tembilahan di Asrama Kodim 0314/Inhil Jalan  A.Yani Tembilahan Hulu.


Dandim di situasi datangnya musim kemarau Kodim 0314/Inhil melalui Babinsa di wilayah melakukan beberapa langkah langkah yang dilakukan. 

Mitigasi kepada warga bagian dari upaya pencegahan karena apapun yang terjadi upaya pencegahan lebih baik.


Saya selaku Dandim 0314/Inhil memberikan penekanan kepada Danramil, Babinsa di wilayahnya lakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat untuk merubah pola fikir masyarakat agar membuka lahan dengan tidak dibakar," tandasnya.


Dandim 0314/Inhil Imir Faisal Selain melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar pada saat melakukan pekerjaan di dalam hutan, untuk puntung rokok harus dimatikan dan tidak dibuang sembarangan yang dapat menimbulkan api dan terjadi kebakaran.


Terkadang masyarakat saat saat melakukan pembukaan lahan, ada yang merokok dan membuang puntung rokok asal-asalan saja, itu yang dikhawatirkan apa lagi kondisi tanah gambut mudah terbakar, jadi itu bisa terjadi menimbulkan kebakaran," ucap Dandim.


Lebih lanjut Dandim melalaui seluruh babainsa diwilayah juga melakukan patroli patroli dan dilakukan siang dan malam bersama tiga pilar didesa yaitu kepala Desa dan aparat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas 


"Mudah mudahan dengan adanya langkah langkah pencegahan Dan Mitigasi ini tingkat kebakaran tahun 2021 dapat di minimalisir serendah mungkin. Saya berpesan kepada anggota di lapangan jalin sinergitas antara tiga pilar dan masyarakat peduli api yang ada di desa dan apabila timbul titik api segera dipadamkan saat itu juga dan yakinkan padam sehingga tidak meluas sampai besar," imbuhnya.


Ia juga mengharap kepada masyarak di tingkat kecamatan, kelurahan, desa Kebakaran hutan ini tidak semata mata tugas pemerintah ataupun TNI dan POLRI dan BPBD. "Namun ini adalah tanggung jawab kita semua karna kelestarian alam ini untuk kita sendiri kita jaga alam maka alam akan menjaga kita," pungkasnya.


Terakhir, mudah mudahan masyarakat mendukung apa yang telah ditentukan pemerintah daerah dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar serta saling peduli dan saling mengingatkan akan Dampak kebakaran Hutan dan Lahan.

Prabu Suryadhana

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !