Perayaan HUT PTBA Ditandai Dengan Peresmian Program Corporate Sosial Responsibility

MenaraToday.Com - Muara Enim : 

PT. Bukit Asam Tbk Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 40 tahun, bertempat di Gor Bukit Asam, Selasa (02/01/2021).Perayaan HUT PTBA kali ini ditandai dengan peresmian program Corporate Sosial Responsibility

(CSR) perusahaan yakni PLTS Tanjung Raja dan fasilitas sosial berupa Objek Wisata PTBA di Tanjung Enim.

Direktur Utama PTBA Arviyan Arivin dalam sambutannya di HUT ke-40 PTBA, Selasa (2/3/2021) menyampaikan Perjalanan PTBA menjadi seperti saat ini tentunya tidak mudah. Menempuh segala badai dan ujian, kita bisa tetap membuktikan dengan mencatat kinerja positif dan sederet prestasi lainnya, terutama di masa-masa berat seperti ini.

“Produksi PTBA kian menggeliat, ekspor meningkat, dan pemenuhan kebetuhan pasokan energi dalam negeri tetap menjadi prioritas perusahaan. Bahkan, di tengah pandemi tahun lalu, perusahaan tetap mampu mencetak kinerja positif dan membukukan laba,” katanya

Ditegaskan arviyan, Beyond Coal yang menjadi jargon PTBA terus direalisasikan, satu demi satu proyek hilirisasi untuk menggenjot nilai tambah batu bara dan ekspansi bisnis ke energi baru dan terbarukan mulai berjalan.

Ditambahkannya, ” PLTU Sumsel 8 yang merupakan pembangkit listrik mulut tambang terbesar dan efisien di Indonesia kini sudah mencapai progress konstruksi 70% per Januari 2021, dan siap beroperasi komersial Unit-1 pada bulan Desember tahun ini, dan Unit-2 pada bulan Maret 2022. Gasifikasi batu bara menjadi DME sudah di depan mata.

Pabrik gasifikasi yang akan berada di Kawasan Industri Tanjung Enim (Bukit Asam Coal Based Industrial Estate / BACBIE), juga telah masuk dalam Proyek Strategis Nasional yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

"Perjanjian Kerja sama atau Cooperation Agreement antara PTBA, Pertamina, dan Air Products Chemical Inc juga sudah ditandatangani pada 11 Februari 2021,”jelasnya

Arviyan menambahkan tinggal menghitung waktu agar pabrik bisa berjalan dan menghasilkan produk Dymethil Ether atau DME yang bisa menjadi produk substitusi LPG yang impornya kian bertambah setiap tahunnya.

Arviyan menambahkan Sebagai apresiasi PTBA atas dukungan masyarakat dan pemerintah daerah Sumatera Selatan selama ini, di 2020 PTBA mengalokasikan dana sebesar Rp 128 miliar untuk membangun gedung olahraga baru, perbaikan venue Jakabaring Sport City, dan pembangunan fasilitas umum serta kendaraan pendukung tugas di Provinsi Sumatra Selatan.

Alokasi dana ini masuk dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA yang didukung dan telah ditandatangani oleh Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru. Program Kerjasama ini berlangsung sejak 2019 sampai selesai pembangunan pada 2021.

"Terdapat sebanyak 11 Stadion/Gedung Olahraga baru. GOR tersebar di berbagai Kabupaten/Kota di Sumatra Selatan.Bersama dengan Pemerintah Daerah, PTBA juga turut turun tangan memerangi wabah pandemi Covid-19. Selama  tahun 2020, PTBA tercatat telah mengucurkan donasi lebih dari Rp 25,5 miliar. Donasi ini antara lain berupa bantuan alat Polymerase Chain Reaction atau PCR dan renovasi laboratorium rumah sakit dengan total senilai Rp 5,09 miliar. Lalu bantuan alat Kesehatan, bantuan langsung ke masyarakat maupun komunitas, sarana dan prasarana untuk mendukung protokol Kesehatan, sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19, dan lainnya yang mencapai Rp 20 miliar,” jelas arviyan

Ditempat yang sama, Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru mengatakan PTBA Diusia 40 tahun ini, yang telah beroperasi sejak sejak tahun 1919 sudah 102 tahun banyak kemajuan dan terbukti adanya perhatian PTBA kepada masyarakat sehingga masyarakat didekat wilayah tambangpun mempunyai rasa memiliki.

” Kita patut bersyukur dengan sumber daya alam yang dikaruniakan Allah kepada kita dikarenakan PTBA didalam pengelolaan dan reklamasi saya akui ptba sudah berhasil,” ujar Gubernur Sumatera Selatan.

Di dalam hilirisasi langkah – langkah cerdas oleh PTBA menjadikan gas, bahan bakar minyak dan lainnya, adapun bentuk dukungan pemerintah Provinsi (Nanang)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama