Bupati Kapuas Hulu Hadiri Kegiatan Pencanangan GERBANGDUTAS Tahun 2021 di Kabupaten Sambas.

Keterangan Gambar : Suasana ____/// Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan,S.H menghadiri kegiatan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (GERBANGDUTAS) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (9/4).

MenaraToday.com - Kapuas Hulu : 

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, S.H menghadiri kegiatan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (GERBANGDUTAS) di PLBN Aruk Kabupaten Sambas. Jumat, (9/4)

Gerbangdutas sendiri merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2021 tentang Percepatan Pembanguan Ekonomi Pada Kawasan Perbatasan Negara termasuk di Kabupaten Kapuas Hulu.

Bupati Kapuas Hulu menyampaikan bahwa sangat mendukung adanya Gerbangdutas dengan memperhatikan kewewenangan yang sesuai dengan otonomi daerah. 

"Dengan adanya Gerbangdutas akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemajuan di daerah perbatasan. "kata Bupati.

Dikatakan Bupati, pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu siap mengawal dan mengawasi pembangunan di perbatasan agar dapat memberi  dampak maksimal bagi masyarakat.

"Pembangunan daerah perbatasan merupakan bagian dari program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu yaitu mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dan membangun Kapuas Hulu dari pinggiran. "ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati, pembukaan Gerbang dutas diselenggarakan secara virtual dan dipusatkan di PLBN Aruk. 

"Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian serta seluruh kepala daerah se-Prov Kalbar. "jelas Bupati.

Untuk diketahui, dalam pembukaan Gerbangduatas ada beberapa rangkaian kegiatan mulai dari kegiatan inti yang diawali dengan laporan Sekretaris BNPP, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Kalimantan Barat. 

Kemudian sambutan dari Menko Polhukam dengan ditandai dengan pencanangan kegiatan  PBWN-KP 2021 dan Peluncuran Virtual Expo Komoditas Daerah Perbatasan. Serta penandatanganan prasasti peresmian hasil kegiatan Tahun 2020 dan penanaman pohon. 

Selain itu, penyerahan produk UMKM oleh Bupati Sambas, Bupati Bengkayang, dan Walikota Singkawang kepada Konsulat Jenderal RI di Kuching Malaysia untuk di promosikan di Negara Malaysia.

Selanjutnya menerima penjelasan singkat terkait Penanganan Pelintasan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia melalui PLBN di Kalbar oleh Danrem 121/Abw.

Acara yang terakhir, menerima penjelasan singkat terkait pembangunan Terminal Barang Internasional (TBI) oleh Kepala BPTD Wilayah XIV Kalbar (Kemenhub). (Rls/Hum/Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama